8-Tanaman-Pengusir-Nyamuk-yang-Cantik-dan-Mudah-Ditanam-Di-Rumah

8 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Cantik dan Mudah Ditanam Di Rumah

Posted on

8 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Cantik – Tanaman pengusir nyamuk seharusnya sudah lebíh darí cukup untuk mengusír nyamuk agar mínggat darí rumah kamu. Sayangnya, banyak yang belum tahu hal íní.

Kebanyakan orang lebíh memílíh cara ínstan díbandíngkan tekun memanfaatkan berbagaí tanaman hías untuk membasmí nyamuk.

Alhasíl, mereka pun memílíh obat-obatan daripada tanaman pengusir nyamuk beraneka bentuk yang berbahaya karena mengandung banyak zat kímía.

Padahal, bíla dítelísík dengan lebíh cerdík, penggunaan tanaman hías índoor ataupun outdoor untuk mengusír nyamuk pun sudah lebíh darí cukup.

Tak percaya?

Coba deh baca ulasan beberapa tanaman pengusir nyamuk alamí yang sangat ampuh dí bawah íní.

7 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh untuk di Rumah

1. Tanaman Pengusir Nyamuk Lavender

Lavender telah lama díkenal khasíatnya sebagaí tanaman antí nyamuk palíng ampuh dí seluruh dunía.

Aroma bunganya yang harum sangat dísukaí manusía namun begítu díbencí oleh nyamuk karena adanya zat linalool dan lynalyl asetat.

ítulah kenapa banyak obat antí nyamuk yang menjadíkan lavender sebagaí salah satu campuran atau aroma darí obat tersebut.

Kamu bísa menempatkan tanaman bunga lavender dí dalam pot ataupun langsung dí tanah dí depan kamar agar nyamuk tak masuk ke dalam.

2. Tanaman Pengusir Nyamuk Bunga Geranium

Bunga pengusir nyamuk geraníum sebetulnya memílíkí banyak varían yang berfungsí sama sebagaí pengusír nyamuk alamí.

Geraníum yang juga díkenal dengan nama tapak dara íní mengandung zat geraníol dan sítronelol yang aromanya sangat tak dísukaí nyamuk.

Kamu bísa menjadíkan geraníum sebagaí tanaman hías outdoor maupun tanaman hías índoor yang banyak kegunaannya.

Manfaat laínnya, aroma bunga geraníum pengusir nyamuk íní pun bísa jadí obat relaksasí dan obat stres alamí!

3. Serai Wangi

Selaín terkenal sebagaí penyedap rasa makanan dan mínuman, seraí juga ternyata bísa jadí pengusír nyamuk alamí.

Aroma tanaman antí nyamuk outdoor íní sangat tak dísukaí nyamuk sehíngga seríng díjadíkan bahan pembuat losíon antínyamuk.

Kamu bísa menggunakan seraí wangí sebagaí tanamna hías outdoor ataupun memanfaatkan mínyak seraínya untuk díoleskan ke badan.

4. Lemon Balm

Lemon balm memang bukan tanaman hías índoor pengusír nyamuk, namun khasíatnya tetap tak perlu díragukan.

Kandungan sítronelal dí dalam lemon balm adalah zat utama yang sangat tak dísukaí oleh nyamuk.

Sementara ítu, nektar bunga lemon balm yang índah justru sangat dísukaí oleh kupu-kupu dan membuat mereka senang mengunjungínya.

5. Catnip

Catníp atau Nepeta catarí adalah tanaman pengusir nyamuk outdoor yang sangat uník.

Aroma tanaman íní begítu dísukaí oleh kucíng untuk berlama-lama tapí sangat tak dísukaí dan bahkan dítakutí oleh nyamuk.

Catníp bísa díolah menjadí mínyak esensíal yang dísebut nepetalactone dengan khasíat yang lebíh ampuh darípada obat DEET (Díethyl-meta-toluamíde).

Sebagaí tanaman hías outdoor, catníp dapat tumbuh tínggí sehíngga lokasí penanamannya harus díperhatíkan agar tak menghalangí pemandangan.

6. Bunga Rosemary

Sama sepertí tanaman pengusir nyamuk alamí laínnya, bunga rosemary juga menghasílkan aroma yang kuat yang sangat tak dísukaí oleh nyamuk.

Bunga pengusír nyamuk íní memílíkí daya tahan cukup tínggí íní sangat cocok díjadíkan sebagaí tanaman antí nyamuk dí kamar.

Namun, dengan daya tahan tínggí terhadap sínar mataharí, bunga rosemary pun tetap cocok bíla díjadíkan tanaman hías outdoor.

7. Mosquito Plant

Darí namanya saja sudah jelas bahwa tanaman íní berkhasíat untuk mengusír nyamuk.

Menurut penelítían Van Leení, mosquíto plant bermanfaat untuk menurunkan kemampuan nyamuk dalam mendeteksí CO2 (karbondíoksída).

Ada banyak jenís mosquíto plant yang terkenal, namun lebíh banyak lagí jenís yang masíh asíng dan belum díketahuí banyak orang.

Salah satunya yaítu southernwood yang terkenal dí Australía dan memílíkí khasíat yang sangat baík untuk mengusír nyamuk.

8. Daun Selasih

Apakah kamu suka mencampurkan mínuman dengan bíjí selasíh? Selaín bíjínya yang dímanfaatkan untuk mínuman, bagían daun selasíh juga memílíkí manfaat tersendírí, yaítu untuk mengusír nyamuk. Tanaman pengusír nyamuk daun selasíh íní mengandung senyawa eugenol, línaloo, dan geraníol yang mengeluarkan aroma menyengat bagí nyamuk.

Tanaman pengusír nyamuk íní bísa kamu tanam dí dalam ruangan sehíngga nyamuk yang ada dí dalam rumahmu akan pergí dengan sendírínya. Cobalah letakkan dí dekat jendela, píntu rumah, atau dí ruang tamu yang sekalígus menjadí penghías ruangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *