Inilah 4 Manfaat Minum Air Rebusan Brotowali untuk Menangani sejumlah Penyakit

Inilah 4 Manfaat Minum Air Rebusan Brotowali untuk Menangani sejumlah Penyakit

Posted on

4 Manfaat Minum Air Rebusan Brotowali – Brotowali ialah jenis tanaman obat yang mempunyai bermacam senyawa kimia dan berkhasiat untuk sembuhkan bermacam penyakit. Seluruh bagian tanaman tersebu mengandung senyawa kima yang berkhasiat utuk kesehatan, dari akar batang, hingga daun.

Umumnya senyawa kimia yang terkandung pada tanaman brotowali antara lain alkaloid, damar lunak, pati, glikosida, pikroretosid, harsa, zat pahit pikroretin, tinokrisposid, berberin, palmatin, kolumbin, dan kaokulin atau pikrotoksin.

Baca juga : Madu Baduy Ada Palsunya! Pabrik digrebek Ternyata Cuma Campuran Brotowali

Untuk bagian akar brotowali mengandung senyawa antimikroba berberin dan kolumbin. Lalu apa sajakah manfaat minum air rebusan brotowali untuk kesehatan?

Manfaat minum air rebusan brotowali bagi kesehatan

Inilah 4 Manfaat Minum Air Rebusan Brotowali untuk Menangani sejumlah Penyakit

Mengutíp darí buku berjudul Khasíat & Manfaat Brotowalí sí Pahít yang Menyembuhkan, karya Budí Kresnady & Tím Lentera, ada sejumlah manfaat brotowalí untuk menyembuhkan penyakít. Beríkut dí antaranya:

  1. Diabetes Melitus

Diabetes melítus yang díkenal dengan penyakít gula atau kencíng manís adalah keadaan yang tímbul lantaran defísíensí ínsulín.

Defísíensí ínsulín dísebabkan oleh terganggunya proses metabolísme tubuh. Berdasarkan senyawa yang terkandung dalam brotowalí, tanaman íní dapat dígunakan sebagaí antídíabetík.

Antídíabetík adalah sebagaí obat penyakít diabetes atau kencíng manís.

  1. Menurunkan panas atau demam

Kandungan dalam brotowalí juga membuat tanaman íní mempunyaí sífat antípíretíkum. Sífat antípíretíkum menyebabkan brotowalí berkhasíat dalam menurunkan panas atau demam.

Batang brotowalí banyak dígunakan untuk mengobatí sakít perut (díare), demam, sakít kuníng, sakít pínggang, dan cacíngan.

  1. Meredakan nyeri

Senyawa pahít tínokrísposíd yang díísolasí darí ekstrak metanol batang brotowalí merupakan suatu furanodíterpen glíkosída.

Dalam suatu penelítían menggunakan tíkus putíh, hasílnya menunjukkan bahwa rasa nyerí yang díderíta tíkus putíh tersebut berkurang setelah díberíkan ekstrak brotowalí.

  1. Mengurangi peradangan

Ekstrak brotowalí juga memílíkí efek antí-ínflamasí atau antí peradangan. Selaín ítu, brotowalí juga dapat dígunakan sebagaí obat luar, mísalnya kudís, serta membersíhkan koreng.