kacang bagus untuk asam urat

Kacang Jenis Ini Malah Diakui Makanan Tinggi Purin yang Baik Untuk Asam Urat, Ini Penjelasannya

Posted on

Asam urat – Asam urat adalah salah satu penyakit radang sendi yang rasa nyerinya paling parah. Sering kali menyerang di daerah lutut, pergelangan kaki atau di jempol kaki. Persendian menjadi merah bengkak dan panas. Kadang-kadang saking parah sakitnya, penderita asam urat sampai tidak bisa jalan sampai radangnya berangsur sembuh.

Search keyword: makanan untuk penderita darah tinggi kolesterol dan asam urat,asam urat jempol kaki,samuratik,jatimurat,meredakan nyeri asam urat,young living untuk asam urat,asam kandis, obat alami asam urat,tumpang air,suruhan,daun suruhan dan manfaatnya,tanaman suruhan,cara mengolah daun suruhan

Bagi Anda atau ada keluarga yang sedang menderita asam urat, yuk simak artikel ini sampai selelsai.

Baca juga: Daun Suruhan, Obat Alami Asam Urat yang Tak Perlu Biaya Mahal, Ini Cara Meracik dan Aturan Minumnya

Kali ini kami akan memberikan informasi 3 makanan yang berbahaya untuk penderita asam urat hasil penelitian yang diterbitkan dari jurnal medis internasional yang berjudul ” Dietary factors and risk of gout and hyperuricemia: a meta-analysis and sytematic review”

kacang kedelai untuk asam urat

Inilah 3 makanan yang berbahaya penyebab asam urat

Bagaimana kita tahu seberapa berbahayanya makanana tersebut bagi asam urat? Kita lihat dari yang namanya oat rasio. Ini adalah istilah stastistik, semakin tinggi odd rasio pada makanan semakin berbahaya. Dan semakin rendah dibawah 1 odd rasionya semakin berguna atau aman untuk asam urat.

  1. Alkohol

Semua jenis minuman yang mengandung alkohol sangat berbahaya bagi penderita asam urat. Bagi penderita asam urat, alkohol harus dihindari. Kadar odd pada alkohol adalah 2.58.

  1. Fructose

Fructose ada tipe gula seperti glukosa. Fructose mempunyai kadar odd 2.14, intinya makanan yang mengandung fructose adalah makanan dan minuman yang manis. Cotohnya sirup, madu, minuman soda manis, jus buah dan buah-buahan. Contoh buah-buahan adalah mangga, anggur, pear, dan semangka. Makanan tersebut dapat meyebabkan penyakit asam urat.

Baca juga: Asam Urat Langsung Sembuh dan Peredaran Darah Lancar dengan Buah Kecil yang Enak Ini

  1. Seafood

Makanan seafood mempunyai odd rasio 1.32. Contoh makanannya seperti scallop atau kerang berdaging putih, cumi, oyster(tiram) adalah tidak bagus untuk penderita asam urat.

  1. Daging Merah

Daging merah mempunyai kadar odd tinggi 1.29 yang tidak baik untuk penderita asam urat. Daging merah meliputi daging sapi, daging babi dan daging kambing.

Baca juga: Diakui Bisa Cegah Asam Urat dan Kanker, Begini Cara Mengolah Daun Binahong

Sebagai pelengkap, disini kita akan berikan informasi makanan dan minuman yang terbaik untuk mengurangi resiko asam urat. Dengan begitu berarti makanan dan minuman ini memiliki kadar odd yang pastinya dibawah 1. Namun jangan kaget apabila rekomendasi ini bertolak belakang dengan “konventional wisdom’.

Makanan dan minuman yang terbaik untuk Penderita Asam Urat

  1. Kopi

Kopi mempunyai odd ratio sebesar 0.47, ini kadar paling rendah untuk asam urat.

  1. Dairy Product

Dairy product mempunyai odd ratio 0.56. Contoh dari dairy product adalah seperti susu, keju dan yogurt. Ini bagus sekali untuk asam urat.

  1. Sayuran tinggi Purin

Buka saja sekedar sayuran hijau, namun sayuran yang mengandung purin tinggi ternyata baik untuk penderita asam urat. Contohnya seperti kembang kol, bayam, kacang, dan jamur. Kacang yang sebelumnya dianggapnya berpurin tinggi dipercaya sebagai penyebab utama asam urat. Tapi dari hasil penelitian ini, kacang berguna untuk melindungi pasien dari asam urat.

Memang belum ada penjelasan pasti mengapa kacang justru mengurangi resiko asam urat. Jadi sekali lagi ini sangat bertentangan dengan anjuran umum atau kebijakan konvsional bahwa kacang-kacangan adalah penyebab dari asam urat.

Salah satu penjelasannya ditemukan dari salah satu riset dijepang. Seperti yang kita tahu masyarakt jepang sangat terobsesi dengan Soy product atau kacang kedelai. Makanan jepang seperti tahu, kulit tahu, miso soup adalah makanan yang populer di jepang dan hampir dikonsumsi oleh semua orang di Jepang setiap hari. Dari semua itu mengandung kacang kedelai.

Dari riset ini ditemukan bahwa konsumsi kacang kedelai meningkatkan eskresi dari uric acid (limbah sisa metabolisme dari zat purin) pada saluran kencing. Jadi jika uric acid banyak dikeluarkan dari dalam tubuh, maka uric acid dalam darah tetap normal dan tidak meningkatkan resiko terjadinya asam urat. Ini jadi alasan mengapa sayuran tinggi purin bagus sekali untuk mengurangi resiko asam urat.

Baiklah berikut tadi penjelasan untuk 4 makanan yang berbahaya untuk asam urat dan makanan terbaik untuk asam urat. Untuk yang ingin cepat lepas dari asam urat, Anda tetap harus konsultasi kepada dokter.

Sumber: Dr Toni Setyobudi