Ketahui Urutan Processor AMD Ryzen Agar Tidak Salah Pilih

Diposting pada

 Urutan Processor AMD Ryzen – AMD telah diagungkan dalam industri processor selama bertahun-tahun. Dimulai sebagai produsen chip untuk brand raksasa seperti Intel, itu bukan nama besar di ruang Silicon untuk sementara waktu. Tetapi AMD mulai membuat chip sendiri sedikit setelah itu, tetapi terobosan besar pertama adalah ketika memperkenalkan chip x86_64 pertama pada tahun 2003, mengalahkan Intel di pasaran processor. Sejak itu, telah membuat beberapa langkah dan mulai menawarkan beberapa pilihan prosesor AMD yang kompetitif untuk pembeli.

Intel dan AMD berbagi perjanjian lisensi silang di mana Intel mengizinkan AMD membuat CPU x86, dan AMD mengizinkan Intel menggunakan set instruksi x86_64. Proses fabrikasi yang lebih kecil sangat penting berkaitan dengan CPU karena memungkinkan produsen untuk mengemas lebih banyak kinerja di ruang yang sama dan dengan efisiensi konsumsi daya yang lebih baik. Dalam beberapa tahun terakhir, Intel telah gagal menawarkan prosesor yang dibuat dengan proses fabrikasi yang lebih kecil.

Akibatnya, AMD mulai mendapatkan mangsa pasar dengan CPU-nya, terutama dengan jajaran Ryzen. Meskipun AMD menawarkan jajaran prosesor yang jauh lebih ramping daripada Intel, Anda mungkin masih memerlukan bantuan untuk memahami penawarannya dan memilih CPU AMD terbaik untuk Anda. Inilah panduan urutan processor AMD Ryzen untuk membantu Anda dengan itu.

Baca Juga: Pahami Beda Intel dan AMD Pada Processors Tersebut

Penjelasan AMD CPU vs APU, dan Konvensi Penamaan Pada Prosesor

Urutan Processor AMD Ryzen

Konvensi penamaan AMD untuk prosesornya tidak terlalu rumit. AMD menawarkan dua jenis prosesor – CPU dan APU. APU, atau Accelerated Processing Unit, hanyalah nama pemasaran yang digunakan AMD untuk CPU-nya yang memiliki grafis Radeon terintegrasi. Untuk jajaran Ryzen, sistem penamaan menyertakan nama merek dan tingkat diikuti dengan nomor SKU, dan opsional, akhiran. Nomor SKU terdiri dari empat digit dan tergantung pada serinya.

Meskipun ada lima generasi CPU Ryzen, total ada enam seri — 1000, 2000, 3000, 4000, 5000, dan 6000. Itu karena AMD menggunakan arsitektur Zen 3 terakhir untuk dua seri — 4000 dan 5000. seri sepenuhnya merupakan jajaran APU, dan hanya tersedia di laptop dan sistem OEM, tidak seperti seri 5000. Seri 6000 berbasis Zen 3 Plus sekali lagi hanya untuk laptop.

Nomor SKU dimulai dengan nomor seri pertama, sehingga mudah untuk mengidentifikasi prosesor. Digit kedua adalah pengidentifikasi kinerja; semakin tinggi, semakin baik. AMD menggunakan akhiran setelah nomor SKU untuk membantu mengidentifikasi fitur lain dari prosesornya. Berikut adalah penjelasan untuk sufiks SKU prosesor AMD.

Kode Arti
G
Telah terintegrasi AMD Radeon Vega Graphics
GE
Memiliki Grafis AMD Radeon Vega terintegrasi tetapi TDP lebih rendah
X
Prosesor desktop dengan clock lebih tinggi
XT
Prosesor desktop dengan clock lebih tinggi dengan kinerja lebih tinggi daripada X
S
Prosesor desktop TDP rendah dengan Grafis AMD Radeon Vega terintegrasi
H
Prosesor seluler berkinerja tinggi dengan Grafis AMD Radeon Vega terintegrasi
HS
Prosesor laptop berperforma tinggi dengan Grafis AMD Radeon Vega terintegrasi dan TDP yang lebih rendah
U
TDP lebih rendah dan prosesor seluler clock lebih rendah
AF
SKU Zen generasi pertama dengan peningkatan proses 12nm

Itulah beberapa penjelasan tentang kode yang ada pada processor AMD, untuk melakukan pembelian atau penggantian processor AMD kalian harus mengetahui dulu arti-arti dari kode kode tersebut. Selain itu kalian pun harus tau urutan processor AMD Ryzen agar kalian tidak salah dalam memilihan processor tersebut, berikut urutan processor AMD Ryzen.

Baca Juga: Apakah Processor Laptop Bisa Diganti ? Temukan Jawabannya Disini !!!

Urutan Processor AMD Ryzen

AMD Ryzen adalah termasuk jajaran prosesor yang paling populer sepanjang masa. Setelah berjalan agak lambat di pasaran selama beberapa tahun, AMD memulai debut arsitektur Zen barunya dengan seri CPU Ryzen yang dirilis pada tahun 2017, dengan cepat menjadi alternatif processor yang solid untuk jajaran Intel Core. Jajaran Ryzen sekarang mempunyai empat generasi.

Sama seperti seri Intel Core, Ryzen juga memiliki empat tingkatan, Ryzen 3, 5, 7, dan 9. Chip desktop AMD Ryzen sekarang di 7nm, sedangkan chip laptop di 6nm, keduanya menggunakan manufaktur TSMC, dibandingkan dengan proses 10nm Intel. Itu juga telah membuat langkah dengan perbaikan arsitekturnya. Ini telah memperkuat CPU AMD Ryzen sebagai pilihan CPU pilihan yang dapat Anda buat dalam beberapa kelompok harga.

CPU AMD Ryzen 3

Urutan Processor AMD Ryzen

AMD Ryzen 3 adalah yang paling terjangkau dari seri Ryzen. Perusahaan menawarkan beberapa kinerja yang solid dengan chip ini, dan mereka cocok dengan PC kinerja anggaran. Chip Ryzen 3 sangat cocok untuk build PC gaming yang terjangkau, PC rumahan yang dapat menangani dasar-dasarnya dengan mudah, atau sesuatu seperti HTPC murah.

Jajaran Ryzen 3 saat ini memiliki beberapa opsi menarik. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jajaran Ryzen seri 4000 Zen 3-berbasis hanya memiliki opsi APU. Dengan seri 5000, AMD telah melakukan hal yang sama untuk seri Ryzen 3. Seri Ryzen 3 kini hanya memiliki dua pilihan APU dengan arsitektur generasi terbaru. Opsi CPU Ryzen 3 hanya tersedia dengan chip Ryzen 3000 berbasis Zen 2 yang lebih lama yang dirilis pada April 2020 — beberapa rilis CPU Zen 2 Ryzen terakhir yang kami lihat. Masuk akal jika AMD ingin menawarkan grafis terintegrasi sebagai fitur standar dengan chip Ryzen 3 karena ini adalah penawaran anggaran.

Jika Anda ingin membeli prosesor AMD Ryzen 3 terbaik saat ini, opsi terbaik adalah AMD Ryzen 3 3300X. AMD belum membuat Ryzen 3 versi retail dengan seri 5000 dan 6000, jadi ini adalah pilihan terbaik Anda.

AMD Ryzen 3 3300X — Rekomendasi CPU AMD Ryzen 3

  • 4 cores, 8 threads
  • 3.8 GHz base clock
  • 4.3 GHz boost clock
  • L1/L2/L3 cache: 256KB/2MB/16MB
  • Supports up to 3200 MHz DDR4 RAM
  • 65W TDP

CPU AMD Ryzen 5

Urutan Processor AMD Ryzen

AMD Ryzen 5 adalah jalan tengah yang solid bagi mereka yang mencari prosesor yang dapat bekerja dengan baik tanpa mengeluarkan biaya terlalu banyak. Ini adalah seri CPU terbaik bagi kebanyakan orang. Ryzen 5 sempurna untuk sistem kelas menengah seperti workstation yang terjangkau atau sistem permainan yang tidak habis-habisnya. Dengan seri Zen 3 5000, Ryzen 5 menjadi lebih bertenaga. Performa single-core dari chip ini setara dengan prosesor Ryzen paling kuat.

AMD saat ini memiliki tiga CPU seri 5000 untuk Ryzen 5, dan dua APU khusus OEM yang mengisi bagian bawah seri. Jajaran Ryzen 5 menawarkan enam inti dan 12 utas di seluruh papan, kecuali untuk Ryzen 5 5600GE APU, yang merupakan prosesor empat inti, delapan utas. Rentang Ryzen 5 ditujukan untuk mereka yang mencari performa terbaik dari prosesor Ryzen 5.

AMD Ryzen 5 5600X — Rekomendasi CPU AMD Ryzen 5 

  • 6 inti, 12 utas
  • Jam dasar 3,7 GHz
  • 4,6 GHz meningkatkan jam
  • Cache L2/L3: 3MB/32MB
  • Mendukung hingga 3200 MHz DDR4 RAM
  • 65W TDP

CPU AMD Ryzen 7

Urutan Processor AMD Ryzen

AMD Ryzen 7 adalah mantan CPU terbaik andalan dari AMD. Ini menawarkan prosesor berkinerja tinggi untuk workstation, rig pembuatan konten, dan sistem game kelas atas. Jika Anda mencari prosesor AMD Ryzen kelas atas tetapi tidak ingin menghabiskan banyak uang hanya untuk CPU, Ryzen 7 adalah pilihan yang sempurna.

Jajaran AMD yang disederhanakan berarti Anda mendapatkan opsi dalam jumlah terbatas, seperti yang Anda lakukan dengan Ryzen 5. Dengan seri Ryzen 7 5000, AMD menawarkan tiga opsi CPU dan dua opsi APU khusus OEM. Rentang Ryzen 7 adalah delapan-inti, 12-utas untuk semua penawarannya. Ini menawarkan TDP maksimum yang lebih tinggi pada 105W untuk memberi daya pada semua silikon ekstra itu.

Rekomendasi kami, adalah Ryzen 7 5800X3D. Ini adalah versi revisi dari 5800X biasa, kecuali dengan tiga kali jumlah cache L3. Ini terlihat dalam kinerjanya, dan menjadikan CPU ini sebagai CPU Ryzen terbaik untuk bermain game.

AMD Ryzen 7 5800X3D — Rekomendasi CPU AMD Ryzen 7

  • 8 cores, 16 threads
  • 3.4 GHz base clock
  • 4.5 GHz boost clock
  • L2/L3 cache: 4MB/96MB
  • Supports up to 3200 MHz DDR4 RAM
  • 105W TDP

Baca Juga: Ketahui Jenis Jenis Prosesor Intel yang Ada Sampai Sekarang

CPU AMD Ryzen 9

Urutan Processor AMD Ryzen

AMD Ryzen 9 menawarkan performa maksimal di seri Ryzen. Ini adalah processor unggulan merek Ryzen, dan mengemas hampir semua fitur yang bisa Anda dapatkan dari CPU konsumen saat ini. Untuk sistem permainan dan rig pembuatan konten yang dibuat untuk menangani beban kerja paling berat, Ryzen 9 adalah pilihan yang tepat.

CPU berkinerja tinggi tidak mungkin digunakan tanpa GPU khusus. Dengan demikian, AMD tidak memiliki opsi APU di jajaran Ryzen 9. AMD menawarkan tiga opsi CPU, dengan konfigurasi inti yang berbeda. Anda dapat menggunakan CPU 12-core, 24-thread atau memaksimalkannya dengan opsi 16-core, 32-thread.

AMD Ryzen 9 5950X — Rekomendasi CPU AMD Ryzen 9

  • 16 cores, 32 threads
  • 3.4 GHz base clock
  • 4.9 GHz boost clock
  • L2/L3 cache: 8MB/64MB
  • Supports up to 3200 MHz DDR4 RAM
  • 105W TDP

Prosesor seri AMD Ryzen Threadripper

Urutan Processor AMD Ryzen

Jajaran performa tinggi AMD tidak berhenti di seri Ryzen 9. AMD Ryzen Threadripper memiliki beberapa prosesor yang paling kuat dan paling kuat yang dapat Anda beli. AMD menyebutnya sebagai prosesor desktop paling kuat di dunia. Ini tentu saja mendukung klaim itu dengan tingkat kinerja yang ditawarkannya.

Sementara chip Ryzen AMD maksimal pada TDP 105W, AMD tidak menahan diri dengan jajaran Ryzen Threadripper. Anda mendapatkan TDP maks hingga 280W, dan 64 core dan 128 thread yang luar biasa. Prosesor Ryzen Threadripper juga berukuran cukup besar dibandingkan dengan chip Ryzen. Ruang ekstra berlaku untuk semua konfigurasi silikon dan inti tambahan.

Saat ini, Anda hanya mendapatkan prosesor Threadripper seri 3000 Zen 2. Ini sangat kuat dan menggunakan proses TSMC 7nm. Threadipper mendapat penyegaran Zen 3, tetapi semua penawaran hanya OEM untuk saat ini, dan Anda tidak dapat membelinya secara langsung.

AMD Ryzen Threadripper 3970X — Rekomendasi CPU AMD Ryzen Threadripper

  • 32 cores, 64 threads
  • 3.7 GHz base clock
  • 4.5 GHz boost clock
  • L1/L2/L3 cache: 2MB/16MB/128MB
  • Supports up to 3200 MHz DDR4 RAM
  • 280W TDP

Penutup

Sudah ada desas-desus tentang generasi prosesor AMD masa depan pada proses yang lebih kecil ini. AMD semakin dekat untuk merilis seri Ryzen 7000 berbasis Zen 4, yang akan menggunakan proses 5nm TSMC. Bahkan jika Anda memilih untuk mengabaikan kemungkinan prospek masa depan, AMD cukup baik. CPU Ryzen seri 5000 adalah beberapa dari nilai terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini, dan penjualan AMD menunjukkan bahwa pasar konsumen berayun ke arah penawaran tim merah.

AMD juga baru-baru ini mengakuisisi Xilinx — nama besar dalam bisnis FPGA dan jaringan. Itu adalah hal potensial untuk AMD dalam hal diversifikasi. AMD telah memiliki pola flip-flop di masa lalu, di mana mereka melakukannya dengan baik selama beberapa tahun tetapi kemudian kehilangan tenaga. Namun, itu tidak pernah bangkit dengan baik, dan jika terus melakukan apa yang telah dilakukannya dalam beberapa tahun terakhir, tidak ada yang bisa menghentikan AMD. Bagi konsumen, itu hanya hal yang baik karena Intel juga bersaing lebih keras, sekarang taruhannya lebih tinggi dari sebelumnya.

Baca Juga: Kenali Ciri Ciri Processor Rusak Pada Komputer/Laptop