jenis jenis prosesor intel

Ketahui Jenis Jenis Prosesor Intel yang Ada Sampai Sekarang

Diposting pada

Jenis Jenis Prosesor Intel – Sejak tahun 1971 Intel  sudahmembuat banyak prosesor yang dirancang untuk komputer dan fungsi dari posesor tersebut memiliki fungsi yang berbeda – beda. Dari prosesor hemat daya untuk netbook hingga prosesor 64-bit multi-core kelas atas, memahami perbedaan prosesor adalah kunci untuk memilih prosesor yang tepat untuk keperluan komputer/laptop anda.

Prosesor atau CPU adalah sebuah hardware yang terpasang pada motherboard anda yang miliki penaran penting didalamnya. Prosesor dapat dikatakan otak atau inti dari komponen komputer. Karena Prosesor memproses segala informasi yang dimiliki oleh komputer, entah itu dari hardware lain maupun dari software yang terdapat pada komputer anda

Artikel ini akan membahas jenis jenis prosesor Intel yang ada sampai sekarang, fungsi anda mengetahui jenis jenis prosesor Intel adalah agar jika kalian ingin membeli PC,Laptop,atau hanya ingin membeli prosesornya saja, anda jadi lebih paham akan kebutuhan yang anda inginkan pada komputer anda. Berikut daftar jenis jenis prosesor Intel :

Baca Juga : Rumor Apple Watch 8 Akan Rilis 7 September ini

Jenis Jenis Prosesor Intel

Intel Atom

jenis jenis prosesor intel

Seri prosesor Atom ini dikenal dengan prosesor dengan komsumsi daya yang rendah, biasanya prosesor ini ditanamkan pada sebuah netbook atau komputer yang dimana user tersebut lebih mementingkan masa pakai baterai dibandingkan kecepatan pada sebuah perangkat komputer tersebut. Prosesor ini memang mendapatkan hasil benchmark yang lebih rendah dari pada prosesor lainnya, hal itu dikarenakan memang fungsi pada prosesor ini untuk mengoptimalkan konsumsi baterai.

Intel Atom ini juga memiliki banyak model di dalamnya. Seperti Intel Atom yang tidak memiliki huruf pada belakangnya biasanya prosesor ini dikhususkan untuk pemakaian baterai dengan konsumsi yang lebih rendah, huruf N pada belakang seri Intel Atom dirancang khusus untuk netbook, sedangkan huruf Z pada Intel Atom dirancang khusus untuk smartphone. Jika kalian ingin memiliki laptop/komputer dengan pemakaian daya tidak terlalu besar Intel Atom ini jadi pilihan yang cocok untuk anda.

Intel Celeron

jenis jenis prosesor intel

Prosesor jenis Celeron ini biasanya banyak digunakan untuk komputer kelas bawah yang aktivitas komputer tersebut hanya digunakan untuk browsing di internet atau pengunaan komputer pada dasarnya saja, seperti mengetik, menyimpan data, atau memprogram suatu program dasar.

Jenis prosesor ini bisa dibilang jenis prosesor yang sangat lambat karena pada chipnya prosesor ini hanya memiliki satu inti atau core saja. Namun sudah banyak variasi yang dikeluarkan Intel untuk prosesor yang satu ini. salah satunya adalah Intel Celeron model D yang dirancang khusus untuk pasar pasar laptop kelas Low End

Intel Celeron menjadi pilihan tepat jikan anda ingin merancang komputer atau membeli laptop dengan budget yang tipis. Dikarenakan penggunaan untuk prosesor ini yang terkesan hanya untuk itu-itu saja, ini menjadikan prosesor ini sebagai prosesor termurah yang dikeluarkan oleh Intel. Prosesor ini juga menjadi prosesor yang cukup ringan dan dingin karena penggunaanya yang hanya seperti itu saja.

Baca Juga : Warna iPhone 14 Dirumorkan Semakin Variatif, Tentukan Pilihan Kalian

Intel Pentium 

jenis jenis prosesor intel

Prosesor yang satu ini mungkin tidak terdengar asing untuk kalian, karena prosesor ini adalah prosesor yang sangat banyak diproduksi di dalam pasar pasar mainstream. Sudah banyak generasi yang dibuat oleh jenis prosesor ini, karena jenis prosesor ini cukup laku dipasaran. Prosesor ini dinobatkan menjadi prosesor pertama yang meggunakan sistem 32-bit dari Intel.

Sudah banyak generasi yang dibuat oleh prosesor ini antara lain :

Intel Pentium pro

Prosesor Intel yang dikeluarkan pada tahun 1995 yang memiliki 5.500.000 transistor yang membuat kinjerkan prosesor ini menjadi lebih cepat dari pada generasi sebelumnya, di tahun tesebut prosesor ini sangat dibutuhkan karena untuk implementasikannya pada server dan work station.

Intel Pentium 2

Prosesor ini hanya berjarak 2 tahun setelah keluarnya Intel pentium pro, pada generasi ini Intel menambahkan jumlah transistor pada prosesor ini menjadi 7.500.000 sehingga kemampuan dalam mengolah datanya menjadi lebih cepat. Biasanya komputer ini digunakan dalam pengoperasian software pengolagan data seperti audio dan video pada masa itu.

Intel Pentium 3

Pada tahun 1999 Intel resmi merilis Intel pentium 3 yang kecepatannnya sangat fantastis di tahun tersebut karena pada prosesor ini terdapat 44 juta transistor. Pada tahun tersebut prosesor ini digunakan sebagai voice recognation, pengolahan gambar tiga dimensi, audio streaming dan perangkat lunak berbasis video.

Intel Pentium 4

Prosesor yang keluar pada tahun 2000 ini memiliki kecepatan memproses data sampai dengan  3,4 GHz, ini membuat kinerja prosesor ini menjadi lebih cepat dan pengolahan media, grafis, transaksi, perhitungan, hingga bermain gamemenjadi cepat.

Intel Pentium D  

Pentium D atau Pentium Dual Core adalah prosesor yang dimiliki oleh Intel yang pertama kali mengadopsi teknologi 64bit tetapi terdapat penurunan kecepatan memproses data pada prosesor ini yaitu hanya  mendapatkan kecepatan memproses data 2,8 GHz sampai dengan 3,2 GHz

Intel Pentium Extreme 

Generasi terakhir pada Intel pentium ini yang dirilis pada tahun 2006. Prosesor ini memiliki 2 opsi ya itu 32bit dan 64bit, kecepatan frenkuensi pada prosesor ini juga mengalami pengingkatan dari 3,2 GHz hingga 3,7 Ghz. Transistor pada prosesor ini juga semakin bertambah banyak yaitu 178juta. Prosesor ini sering kali dioperasikan untuk perangkat gaming pada jamannya.

Intel Core i3

jenis jenis prosesor intel

Processor Core i3 bisa disebutkan sebagai kakak dari Core i5 dan Core i7 dengan kecepatan yang dipunyainya lebih kecil. Tidaklah aneh karena itu processor yang di-launching pada 2008 ini terhitung sebagai processor tingkat dasar atau entry tingkat. Selain itu, pemakaian processor ini tidak makan daya yang besar dibandingkan tipe Core yang lain yang cuma memerlukan daya 35 Watt.

Processor Intel Core i3 mempunyai dua tipe arsitektur yakni CPU 32-bit dan 64-bit, tetapi bergantung dari variasinya. Processor yang diperlengkapi dengan soket LGA 1155 dan 1156 ini umumnya dipakai untuk aktivitas multi-tasking yang tidak banyak.
Netbook yang memakai processor ini bisa menjalankan sofwatre seperti Ms. Office dan game secara lancar. Core yang dipunyai i3 pada PC/Netbook ialah dual core dengan Hyper Threading lumayan oke untuk kegiatan yang banyak.

Intel Core i5

jenis jenis prosesor intel

Processor Intel Core i5 ialah processor dengan tingkat performa menengah dalam variasi Intel Core. Core ini bekerja pada dua arsitektur yakni 64-bit dan 32-bit, bergantung variasinya. Core i5 ternyata mempunyai feature baru yakni dengan memberikan peranan Northbridge atau dikenali dengan KIA pada motherboard.

Ada dua seri dalam Core i5, yang memiliki dual core dan quad core. Untuk seri dual core yang mempunyai tehnologi Hyper Threading, sementara seri quan core mempunyai kisaran clockspeed dari rendah sampai tinggi dan feature unlock yang bisa di overlock oleh pemakai agar tingkatkan performanya.

Core i5 benar-benar cocok buat kamu yang sanggup bekerja secara multi-tasking, karena processor ini tetap jalan cepat walau lakukan beragam kegiatan secara bertepatan. Processor ini bisa dihandalkan dan performnya yang bagus saat jalankan piranti lunak dan bermain game.

Baca Juga : Intip Desain iPhone 14 Yang Makin Elegant

Intel Core i7

jenis jenis prosesor intel

Di-launching 2008, Core i7 ialah processor computer yang memakai Nehalem mikroarsitektur. Core i17 mempunyai ketrampilan yang lebih luar biasa dibanding dua processor Core awalnya, seperti sanggup memotong empat processor jadi delapan potongan, dengan begitu proses kerja yang berat bisa digerakkan dengan maksimal.

Processor ini diperkembangkan dengan memakai transistor dari material hafnium dioxide (high-k) dan bermetal gate, dengan fabrikasi 45nm. Intel Core i7 selama ini menjadi satu diantara dari beberapa processor bikinan Intel yang direncanakan dengan arsitektur yang baru dipertemukan dengan angkatan awalnya.

Dengan tehnologi yang semakin maju itu membuat performanya jadi hebat dan menolong beberapa pemakainya menjalankan bermacam kegiatan dalam kurun waktu bertepatan, seperti kepentingan animasi, video koreksi, sampai 3D rendering. Hingga tidak boleh terkejut, bila pilih netbook dengan processor Intel Core i7 karena itu harga untuk tiap satu unitnya dapat buat kamu menggeleng kepala.

Intel Core i9

jenis jenis prosesor intel

Pada 2017, Intel memperkenalkan seri processor terbaru yakni Core i9. Processor Intel ini digadang-gadang sudah melebihi kedahsyatan dari Intel Core i7 yang telah exist sepanjang tahun. Bukan tanpa ada alasan, Intel Core i9 sudah ditanamkan dengan tehnologi baru yakni turbo boost setiap chip-nya. Lewat turbo boost ini karena itu performa akan dinaikan tingkat dengan tingkatkan frekwensi dalam core yang diperintah secara automatis. Tidak itu saja, Core i9 membuat pemakaian battery yang bisa bekerja lebih maksimal dan kekuatan akses internet lebih lancar.

Daya tarik yang lain bisa kelihatan dari Core i9 salah satunya yakni jumlah core dengan komposisi yang, memberi penampilan gambar di atas rerata karena tehnologi hyper threading, kekuatan jalankan program game berat yang bisa dilaksanakan bertepatan dengan aktivitas streaming dan merekam audio/video.

Intel Core i9 menyajikan Intel Optane Memori H10 dengan ruangan penyimpanan Solid-State, hingga memberi kemampuan yang besar dan berisi file dan piranti lunak lebih dari 1TB. Untuk masalah harga, terang nampaknya akan lebih mahal dibandingkan tipe processor Intel yang lain.

Kesimpulan

Dari daftar jenis -jenis prosesor Intel kalian jadi sudah tau kan penggunaan dari masing masing prosesor, saya sarankan jika kalian ingin memilih prosesor pilihan prosesor sesuai dengan yang kalian butuhkan. Jika kebutuhan kalian hanya sekedar mengetik dan berselancar di internet kalian tidak perlu memilih jenis -jenis prosesor Intel yang terbaru melihat jika kalian memilih jenis -jenis prosesor Intel  generasi terbaru harganya yang sangat mahal

Baca Juga : iPhone 14 Dirumorkan Rilis Bulan September Ini