beda amd dan intel

Pahami Beda Intel dan AMD Pada Processors Tersebut

Diposting pada

Beda Intel dan AMD – Jika motherboard adalah jantung dari sebuah komputer, Processor adalah otak dari sebuah komputer. Jika kalian merasakan bahwa komputer yang anda gunakan kinerjanya sudah berukrang atau ngelag,dll. Mungkin hal yang dapat kalian lakukan adalah mengganti CPU/Processor anda.

Ada pilihan 2 brand raksasa yang ada pada CPU dan terkadang memilihnya sering kali mengalami kesulitan, dan kedua brand tersebut juga sudah memiliki jenis dan model yang sangat banyak mungkin ratusan jenis dan model yang mereka buat. Sebut saja Intel dan series i Core mereka dan AMD dengan series Ryzen mereka.

Memang sangat sulit membedakan dua brand ini karena mereka punya kekurangan serta kelebihan masing masing yang sangat sangat sulit dijabarkan. Tetapi saya akan berusaha menjabarkannya melewati artikel yang saya tulis ini. Jadi apa beda Intel dan AMD ? Mari simak daftarnya disini

Baca Juga: Ketahui Jenis Jenis Prosesor Intel yang Ada Sampai Sekarang

Beda Intel dan AMD Pada Processors Tersebut

Kecepatan

Perbedaan yang terasa pada processors ini adalah soal kecepatan, dalam sebuah uji coba pada benchmark dengan dua sample processors yang setara, ternyata intel lebih unggul dari AMD. Meski kekalah tersebut tidak telak, namun Intel telah membuktinya bahwa processors mereka lebih cepat dari pada AMD.

Test ini kami lakukan pada beberapa game yang meliputi Shadow of the Tomb Raider, Cyberpunk 2077, F1 2021, Far Cry 6, Marvel’s Guardians of the Galaxy, Hitman 3, Tom Clancy’s: Rainbow Six Siege, Counter Strike: Global Offensive, DOTA 2. Percobaan tersebut membuktikan bahwa Intel memang menggulinya dari segi kecepatan berikut hasil benchmark dari game tersebut :

beda intel dan amd

Build Quality

Beda Intel dan AMD adalah soal build quality, untuk saat ini sudah jelas kalau soal build quality Intel akan mengunggul AMD karena pada sejatinya Intel ada pemain yang lebih lama dibandingkan dengan AMD. Intel juga telah dikenal bukan hanya sebagai produsen processor laptop saja, mereka sudah merambah ke berbagai perangkat lain seperti smartphone dan smartwatch. Oleh sebab itu, build quality Intel sudah jelas mengunguli AMD.

Manajemen Suhu

beda intel dan amd

Jika kalian menggunakan laptop/komputer kalian dengan berbagai aktivitas berat seperti bermain game,desain grafis, bahkan sampai 3D rendering. Perangkat anda pasti akan mengalami kenaikan suhu seiring berjalannya waktu, dan manajemen suhu ini menjadi hal sangat penting pada processor karena semakin panas suhu perangkat kalian mahka perangkat anda akan mengalami penurunan performa.

Perbedaan yang ada pada Intel dan AMD ini terdapat pula pada manajemen suhu mereka, mereka oara oengguna AMD biasanya akan dapat diunggulkan karena kinerja proccesor mereka tidak akan menurun walau suhu processor mereka mengalami peningkatan suhu. grafik dan fps yang dihasilkan AMD pun tetap baik walaupun suhu yang dihasilkan oleh processor mereka tinggi.

Walau AMD dikenal dengan Processor yang panas dan Intel cenderung lebih dingin dari pada AMD, tetapi hal ini tidak menjadi halangan untuk AMD. Walau proccesor mereka memang panas tetapi proccesor mereka tidak akan mengalami penuruan kinerja, beda dengan Intel jika processor mereka mengalami overheat maka performa yang dihasilkan pun mengurang.

Baca Juga: iPhone 14 Dirumorkan Rilis Bulan September Ini

Multimedia Software

Perbedaan AMD dan Intel selanjutan ada pada saat memprogram software multimedianya seperti photoshop, adobe premier, dan sebagainya. Biasanya processor Intel unggul dalam hal ini mereka akan lebih cepat memproses render dari pada AMD, dan gambar gambar yang dihasilkan oleh Intel biasanya lebih tajam dibandingkan oleh AMD.

Harga

Perbedaan AMD dan Intel selanjutnya adalah dari segi harganya, harganya dari pocessor Intel cenderung lebih mahal dari pada AMD. Hal ini mungkin terjadi karena branding dari Intel yang lebih unggul belum lagi Intel memang sudah lama menjadi pemain di dalam pocessor ini.

Kesimpulan

Dengan mengetahui perbedaan ini anda sudah paham bukannya ? dari atrikel ini saya harapkan anda bisa membedakan perbedaan dari Intel dan AMD. Saya ingatkan jika kalian ingin membeli processor ketahui dulu processor tersebut anda akan gunakan untuk apa. Jika kalian ingin bermain game saya sarankan anda memilih AMD dan jika ingin melakukan desain grafis anda dapat memilih Intel.

Baca Juga: Intip Desain iPhone 14 Yang Makin Elegant