MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4

MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4, Motherboard Mid – Range Terbaik

Diposting pada

MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4 – Dipandang sebagai solusi anggaran yang masuk akal bagi mereka yang ingin membeli salah satu prosesor Intel 12th Gen terbaru , tanpa mengeluarkan biaya besar yang diperlukan untuk motherboard . Sejauh ini benar sampai batas tertentu, konsumen mungkin lupa bahwa papan B660 tidak hanya memenuhi pasar anggaran. Ada banyak pilihan mid-range dan bahkan high-end yang saat ini tersedia, tetapi menggunakan chipset B660.

MAG B660M MSI menggunakan chipset B660, tetapi memilih untuk memberi pengguna lebih banyak fitur daripada papan anggaran, tetapi pada titik harga yang lebih rendah daripada harga opsi Z690 di luar sana. Menawarkan fitur-fitur seperti IO shield terintegrasi, 2.5 Gigabit LAN, WiFi dan banyak port USB yang cepat, hampir tidak kekurangan fitur di depan.

Chipset MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4

MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4

Chipset MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4 umumnya cenderung menawarkan fokus pada pembuatan anggaran, namun papan B660 masih bisa menjadi kelas menengah dan bahkan kelas atas dalam beberapa kasus! Kami telah membahas seluk beluk perbedaan antara Chipset Z690 dan B660 dalam panduan pembeli menyeluruh. Namun, kami akan melihat secara singkat beberapa fitur tersebut di sini untuk menjelaskan mengapa MAG B660M adalah pilihan yang bagus.

Kesimpulan utama dari MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4 adalah bahwa mereka tidak secara resmi mendukung overclocking CPU . Semua karakteristik dan fitur utama lainnya yang akan tersedia pada chipset Z690, dapat diakses pada papan MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4 , tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit. Anda masih mendapatkan akses ke port SATA, slot USB 3 Gen 2 dan PCI-E Gen 4 SSD , tetapi karena jumlah jalur PCI-E yang terbatas, Anda mendapatkan lebih sedikit. Beberapa board bahkan membanggakan dukungan PCI-E 5.0, memori DDR5 , dan bahkan penambahan kualitas seperti pelindung IO terintegrasi, atau bahkan kemampuan WiFi.

Desain

MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4

MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4 sebenarnya adalah salah satu papan yang lebih menyenangkan di pasaran untuk dilihat. Ini memilih PCB hitam yang lebih umum yang kita lihat di sebagian besar papan, tetapi desain heatsink yang diperluas menawarkan sedikit ‘pazzaz’ ekstra. Motherboard ini diisi dengan banyak pendingin heatsink, dan segudang fitur yang disertakan membuatnya terlihat kurang ‘kosong’ dibandingkan papan MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4  saingannya . Tampilan heatsink perak dan baja juga menawarkan kontras yang bagus dengan PCB hitam yang membuatnya sedikit lebih menonjol.

Jika tidak, MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4 menawarkan desain yang relatif sederhana yang memberikan beberapa kontras dengan motherboard yang terlihat lebih umum. Skema warna sedikit berbeda dari saingan pasar massal lainnya, dengan aksen perak perubahan yang bagus. Secara keseluruhan, papan ini terlihat cukup bagus untuk kisaran harga, dan sangat bagus untuk melihat alternatif yang lebih murah menawarkan desain yang lebih bagus

Fitur

 

Meskipun board MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4 menyediakan lebih sedikit fitur secara keseluruhan, Mortar MAG B660M masih hadir dengan banyak fitur! Untuk papan ini, kami telah memecah beberapa fitur favorit kami dan membahasnya secara lebih mendalam. Beberapa fitur ini akan lebih penting bagi Anda daripada yang lain, dan kami baru-baru ini menjelajahi fitur terbaik yang harus diperhatikan dalam motherboard.

IO belakang

MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4

Untuk papan kelas menengah, Mortar MAG B660M penuh dengan koneksi dan antarmuka yang sesuai dengan sebagian besar pengguna! Dilengkapi dengan 7 port USB Type-A, dengan tiga di antaranya adalah USB Gen 3 untuk kecepatan tinggi. Juga di bagian belakang terdapat koneksi USB Gen 3 2×2 secepat kilat, yang mendukung kecepatan hingga 20Gb/s. Ada juga opsi WiFi 6 terintegrasi jika Anda tidak ingin manajemen kabel tambahan, atau 2,5 Gigabit LAN. Akhirnya, Anda juga mendapatkan pelindung IO terintegrasi yang disertakan, meminimalkan frustrasi yang menyertai pemasangannya di kasing Anda. Pilihan yang brilian

IO internal

MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4

Pilihan IO internal lebih bervariasi dibandingkan dengan solusi anggaran yang lebih banyak. Kompatibel dengan MSI Dragon center Mystic Light RGB, Anda diberi opsi untuk menambahkan beberapa pilihan pencahayaan tambahan dengan periferal RGB melalui header RGB 3 dan 4 pin. Anda juga memiliki beberapa variasi yang baik untuk kipas dan pendingin air, dengan 2 header kipas sistem, dan konektor pompa air juga.

Suite Audio Lengkap

MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4

Bagi Anda pecinta audio, MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4 hadir dengan audio suite berkualitas studio. Dengan rangkaian lengkap saluran masuk dan keluar, Anda juga memiliki pilihan SPDIF untuk sinyal digital murni. Untuk suite audio ini, ada juga prosesor audio HD khusus untuk kualitas suara ideal pada output suara stereo dan surround.

Klip EZ M.2

MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4

SSD M.2 adalah komponen yang cukup kecil, yang dapat menambah tingkat kebosanan saat menyusun PC build . Jika Anda sudah memasukkan motherboard ke dalam casing Anda, akan lebih sulit lagi untuk memasang slot di SSD Anda , tetapi MSI memberikan solusi! Daripada perlu mengencangkan M.2 untuk mengencangkannya, Anda dapat menggunakan Klip EZ M.2 yang disertakan yang berfungsi sebagai kait yang akan memasang SSD dengan benar.

BIOS

MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4

Saat pertama kali mem-boot PC, Anda akan disambut dengan perangkat lunak yang dikenal sebagai BIOS. Setiap perangkat lunak BIOS berbeda antara setiap papan dan mungkin terlihat membingungkan jika Anda terbiasa dengan UI pabrikan lain. BIOS MSI agak mudah digunakan dengan menyediakan tombol satu klik yang dapat mengubah pengaturan kinerja, urutan boot, dan bahkan konfigurasi kipas. Jika Anda menginginkan pengalaman sederhana yang memiliki banyak fitur mudah untuk diubah, maka papan ini sangat ideal!

Prosesor yang Kompatibel

Seringkali dapat membingungkan mengetahui prosesor apa yang kompatibel dengan papan mana, tetapi yang lebih penting adalah prosesor apa yang harus dan tidak boleh Anda gunakan juga. Mortar MSI MAG B660M kompatibel dengan prosesor generasi ke-12 terbaru dari Intel, tetapi kami tidak selalu menyarankan Anda memasukkan Core i9 ke dalam board ini. Sistem yang ingin menggunakan CPU paling kuat seperti prosesor Core i9 dan Core i7 akan membutuhkan motherboard dan komponen yang sesuai dengan output kinerja. Namun, untuk papan kelas menengah ini Anda akan paling cocok untuk tetap menggunakan opsi Core i5, atau jika Anda ingin menghemat uang maka CPU Core i3 juga baik-baik saja!

Penutup

Mortar MAG B660M mengambil estetika desain yang baik dan membawanya ke pasar yang ditujukan untuk anggaran dan bangunan kelas menengah. Anda kehilangan beberapa fitur yang tersedia di papan Z690, seperti overclocking CPU, tetapi secara keseluruhan ini adalah papan yang brilian. Chipset B660 adalah alternatif brilian untuk opsi kelas atas yang lebih mahal yang ditawarkan Z690 dan H670!