asRock Z690 Extreme WiFi 6E

Review ASRock Z690 Extreme WiFi 6E, Motherboard Murah Terbaik

Diposting pada

Motherboard ASRock Z690 Extreme WiFi 6E – Ini adalah produk yang baru diluncurkan dari perusahaan ASRock, dan kami sangat senang untuk melihat seberapa bagusnya itu.  Motherboard baru ini hadir dengan banyak fitur yang pasti akan disukai semua orang. Plus, mereka bahkan beberapa perangkat tambahan yang membuatnya lebih baik daripada yang lain. Mari Kita Bahas Motherboard ini secara lengkap di artikel ini.

ASRock Z690 Extreme WiFi 6E – Desain dan Fungsi

Kali ini, kita akan membahas semua tentang desain dan fungsinya dalam review motherboard ASRock Z690 Extreme WiFi 6E. Papan olahraga faktor bentuk ATX dan berukuran 30,5 x 24,4cm. Tidak hanya itu, ia juga dilengkapi dengan enam lapis PCB tembaga 2oz.

Dari segi penampilan, eksterior motherboard Z690 Extreme WiFi 6E agak mirip dengan generasi sebelumnya Z590 Extreme. Ini menampilkan warna serba hitam dan sedikit garis biru untuk daya tarik tambahan.

ASRock Z690 Extreme WiFi 6E

Muncul dengan RGB juga, dan ini dikombinasikan dengan selera oleh perusahaan. Anda akan menemukannya di sepanjang selubung I/O bawaan dan di bagian atas chipset ASRock Z690 Extreme WiFi 6E . RGB juga menerangi merek Extreme dengan tujuh lampu LED di sisi yang berlawanan.

Selain itu, ada juga tiga RGB tambahan di sepanjang SATA. Secara keseluruhan, efek lampunya halus namun menarik.

Saat mengaktifkan ini, Anda akan menemukan ASRock dan Extreme disorot dengan baik. Terlebih lagi, Anda dapat dengan mudah memanfaatkan perangkat lunak Polychrome Sync untuk menyesuaikan efeknya.

PCIe dan SATA

Di bagian bawah papan terdapat slot penyimpanan dan PCIe. Motherboard ini dilengkapi dengan PCIe 5.0 x16 ukuran penuh, PCIe 4.0 x4, dan PCIe 3.0 x4. Selain itu, ia bahkan memiliki slot PCIe 3.0 x1 yang lebih kecil.

Opsi penyimpanan produk terdiri dari tiga slot PCIe M.2. Dua memiliki dukungan untuk drive PCIe 4.0 x4 M.2. Satu lagi mendukung drive PCIe 3.0 4x dan SATA.

ASRock menggunakan chipset Z690 dengan alokasi penuh SATA dengan total delapan port SATA. Semua ini memiliki dukungan untuk array RAID 0, 1, 5, dan 10. Untuk memorinya, mendukung DDR4 5.000 dengan kapasitas campuran 128GB pada empat slot memori.

Port yang Tersedia di Motherboard ASRock Z690 Extreme WiFi 6E

ASRock Z690 Extreme WiFi 6E

Motherboard memiliki beberapa port yang tersedia. Ada USB 3.2 G2 Type-C, empat USB 3.2 G1 Type-A, dan USB 3.2 G2 Type-A. Jika Anda seseorang yang mencari USB 3.2 G2 x2 Type-C, board ini menyertakan header panel depan untuk ini.

Sebagai catatan, konektivitas lain yang tersedia termasuk dua port Ethernet dan pengontrol bertenaga Realtek RTL 8125-BG 2.5 GbE. Plus, konektivitas lainnya adalah pengontrol Intel I219V Gigabit.

Selain itu, ASRock menambahkan pasangan HDMI 2.1 dan DisplayPort 1.4 untuk keluaran video. Kemudian, optik S/PDIF dan lima jack audio 3,5 mm ditenagai menggunakan codec audio Realtek ALC-1220 HD. Untuk melengkapi panel belakang, tersedia tombol Flashback BIOS, serta port combo PS/2 yang tersedia.

Induktor 60A Premium

Penggunaan induktor berkualitas tinggi 60A premium dapat secara efisien meningkatkan arus saturasi hingga tiga kali lebih banyak. Dengan demikian, akan meningkatkan dan meningkatkan stabilitas pasokan tegangan V-core di bawah overclocking besar atau beban tinggi.

ASRock Z690 Extreme WiFi 6E  dilengkapi kapasitor emas hitam Nichicon 12k Jepang yang dapat bertahan sekitar 12.000 jam. Ini berada di bawah lingkungan ekstrem 105 derajat Celcius.

Secara teknis, masa pakai jauh lebih baik dibandingkan dengan kebanyakan papan utama yang tersedia saat ini. Mengapa? Karena sebagian besar menggunakan kapasitor 5 atau 10k Taiwan sebagai gantinya.

Tombol Flashback BIOS

Elemen lain yang perlu diperhatikan dalam ulasan motherboard ASRock Z690 Extreme WiFi 6E kami adalah tombol Flashback BIOS. Ketika catu daya ATX 24-pin terhubung, menekan tombol khusus ini akan memperbarui versi BIOS. Menurut kami, ini sangat praktis dan nyaman.

Fitur Utama Motherboard ASRock Z690 Extreme WiFi 6E 

Sekarang, mari kita lihat apa yang disediakan motherboard untuk kita. Di bagian ini, kita akan melihat lebih dalam apa yang membuat motherboard ASRock Z690 Extreme WiFi 6E lebih baik dari para pesaingnya.

SPS – Panggung Tenaga Cerdas

Motherboard ASRock Z690 Extreme WiFi 6E menampilkan desain Dr.MOS dengan teknologi Smart Power Stage terbaru. Itu dibuat untuk memantau suhu dan arus setiap fase. Dengan ini, kinerja dan kemampuan motherboard ditingkatkan, memungkinkannya menyalurkan daya ke CPU dengan lancar

PCIe 5.0 + Teknologi Pemasangan Permukaan

Dibandingkan dengan slot PCIe gaya DIP biasa, slot SMT di motherboard ini meningkatkan aliran sinyal. Ini juga memaksimalkan stabilitas motherboard di bawah kecepatan tinggi. Ini diperlukan untuk sepenuhnya mendukung kecepatan cepat standar PCIe 5.0 terbaru.

PCI Express 5.0 dapat menawarkan bandwidth 128GBps yang mengesankan. Dengan itu, ia siap untuk mengeluarkan potensi penuh dari kartu grafis kelas atas yang akan datang.

13 Desain Fase Daya Motherboard ASRock Z690 Extreme WiFi 6E

Dengan desainnya yang menampilkan 13 fase daya, ASRock Z690 Extreme WiFi 6E dapat menawarkan pengiriman daya yang lancar. Selain itu, ia menawarkan kemampuan overclocking yang tak tertandingi dan peningkatan kinerja dengan suhu rendah. Dengan ini, motherboard menjadi produk unggulan untuk para gamer tingkat lanjut.

6-lapisan PCB dan 2 oz. Tembaga Inlay

PCB 6 lapis dengan 2 oz. inlay tembaga menjaga stabilitas jejak sinyal dan bentuk daya. Akibatnya, motherboard memberikan suhu yang lebih rendah dan efisiensi energi yang ditingkatkan untuk overclocking memori. Selain itu, dapat mendukung modul memori terbaru dengan kinerja memori yang ekstrem.

Audio Nahimik

Nahimic Audio merupakan salah satu fitur yang hadir pada motherboard ASRock Z690 Extreme WiFi 6E. Ini meningkatkan pengalaman mendengarkan Anda dan dengan menambahkan kekayaan dan getaran pada suara untuk membuatnya lebih menarik.

Slot Kartu Grafis ASRock

ASRock menyertakan dudukan kartu grafis dengan ASRock Z690 Extreme WiFi 6E. Di sinilah Anda dapat memasang kartu grafis berat dan menggesernya secara fleksibel untuk penyesuaian ketinggian terbaik.

Sinkronisasi RGB dan Polikrom RGB yang Dapat Dialamatkan

Selain iluminasi RGB terintegrasi, motherboard ini juga memiliki header RGB onboard dan header RGB yang dapat dialamatkan. Ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat LED yang kompatibel seperti strip RGB, pendingin, kipas CPU, sasis, dan banyak lagi.

Karena Z690 Extreme WiFi 6E kompatibel dengan Polychrome RGB, Anda dapat menyinkronkan produk LED bersertifikat Polychrome RGB.

PCIe Gen4 x4 SSD dan Sekrup Anti-Drop

Z690 Extreme WiFi 6E dapat menampung beberapa SSD M.2. Ini dapat mendukung PCIe 4.0 M.2 SSD, memungkinkannya bekerja dua kali lebih cepat dari generasi PCIe sebelumnya. Hasilnya, transfer data menjadi lebih cepat dan nyaman dari sebelumnya.

Selain itu, Anda tidak perlu repot menjatuhkan sekrup yang hilang di sasis. Itu karena ASRock menyempurnakan heatsink M.2 dengan desain sekrup anti-jatuh untuk mempermudah pemasangan.

Naga 2.5 Gbps LAN

Platform LAN Dragon 2.5 Gbps dibuat untuk kinerja jaringan tertinggi. Ini sangat baik untuk tuntutan jaringan rumah, pembuatan konten, streaming media berkualitas tinggi, dan game online. Ini meningkatkan kinerja jaringan lebih dari dua kali bandwidth standar Gigabit Ethernet.

Dengan teknologi ini, Anda dapat menikmati permainan, pencadangan, dan transfer file yang lebih cepat dan tanpa kompromi.

Intel Gigabit Ethernet dan M.2 Key-E Module Cap

Z690 Extreme WiFi 6E memiliki fitur Intel GbE yang memberikan kinerja throughput terbaik, stabilitas yang lebih baik, dan penggunaan CPU yang lebih rendah. Untuk motherboard ini, ASRock juga menyertakan tutup modul Key-E untuk memperbaiki masalah dengan kabel SMA.

Port USB 3.2 Gen2 Ganda 

ASRock’s Z690 Extreme WiFi 6E memiliki port Type-A dan Type-C onboard (USB 3.2 Gen2). Ini dibangun di I/O belakang dan mendukung perangkat USB 3.2 Gen2 generasi berikutnya. Plus, port memberikan kecepatan transfer data hingga 10 Gbps.

Depan USB 3.2 Gen2x2 

Port USB 3.2 Gen2x2 Type-C terbaru menghadirkan kecepatan transfer data hingga 20 Gbps. Ini dua kali lebih cepat dari port SB generasi sebelumnya. Selain itu, ia memiliki desain Tipe-C yang dapat dibalik yang menawarkan transfer data secepat kilat.

Perisai I/O Terintegrasi yang Fleksibel

Ketika kami mengamati produk untuk review motherboard ASRock Z690 Extreme WiFi 6E kami, kami melihat pelindung I/O-nya. Itu berbeda dibandingkan dengan yang kita lihat di motherboard lain.

Tidak seperti kebanyakan pelindung I/O pra-pasang yang hanya memiliki skema warna estetis, Z690 Extreme WiFi 6E fleksibel. ASRock menyediakan ruang toleransi tambahan untuk membuat pelindung I/O dapat disesuaikan selama pemasangan. Dengan itu, itu akan sesuai dengan sasis dengan sempurna dan tidak akan ada masalah mekanis.

WiFi 6E 802.11ax

WiFi 6E telah diperluas ke pita spektrum 6GHz terbaru, menawarkan lebih banyak kemampuan WiFi dan lalu lintas internet yang lebih baik. Selain itu, WiFi 6E mendukung tingkat layanan yang setara dengan jaringan 5G dengan tetap mempertahankan latensi rendah.

Penutup

Dengan Z690 Extreme WiFi 6E, ASRock telah menunjukkan bahwa tidak perlu segera terjun ke kereta musik DDR5. Meskipun motherboard ini mendukung DDR4, latensinya yang rendah memungkinkannya memberikan kinerja yang mendekati kinerja yang mendukung DDR5. Jika Anda menginginkan kinerja luar biasa sekaligus praktis, produk ini adalah salah satu yang terbaik yang dapat Anda pilih.

Untuk harganya, Z690 Extreme WiFi 6E dari ASRock menawarkan banyak hal. Ini memiliki estetika, pengiriman daya yang hebat, Ethernet ganda, teknologi WiFi 6E, dan dudukan GPU yang praktis. Plus, kecepatannya membuatnya sangat baik untuk banyak aktivitas.

Karena harga saham DDR5 baru, harganya bisa melonjak tinggi. Itu membuat Z690 Extreme WiFi 6E lebih disukai terutama jika Anda ingin menghabiskan lebih sedikit.

Secara keseluruhan, Z690 Extreme WiFi 6E dari ASRockk adalah motherboard luar biasa yang terintegrasi dengan banyak fitur yang mengesankan. Ini mungkin kekurangan beberapa elemen seperti slot M.2 keempat, tetapi masih mampu menangani tugas-tugas berat. Dengan itu, Anda masih dapat menikmati kinerja tanpa batas tanpa menghabiskan banyak uang untuk motherboard yang mendukung DDR5.