motherboard terbaik

5 Motherboard Terbaik Untuk Processor Intel Generasi Terbaru

Diposting pada

Memilih motherboard terbaik untuk bermain game, atau motherboard untuk jenis keperluan komputer lainnya, adalah langkah penting dalam perakitan komputer Anda, meskipun hal-hal seperti processor dan kartu grafis biasanya mendapatkan lebih banyak perhatian dari pada sebuah motherboard. Padahal pada dasarnya, setiap bagian dari PC Anda akan dihubungkan ke motherboard Anda, dan faktor bentuk dari motherboard seperti (ATX, E-ATX, Mini ITX, dll.) akan menentukan ukuran casing PC yang akan kalian gunakan. Soket dan chipset pada motherboard akan menentukan prosesor mana yang dapat Anda pasang.

Didalam artikel ini kami akan membahas bagaimana cara memilih motherboard yang baik, dan kami juga akan membahas beberapa motherboard terbaik yang dapat kalian gunakan dalam membuild PC gaming anda. Jika anda tertarik anda dapat menyimaknya dibawah ini.

Cara Memilih Motherboard Yang Baik

Pilihlah soket yang tepat untuk processor anda

Jika anda telah menemukan CPU yang terbaik dari Intel atau AMD . Tetapi prosesor apa pun yang Anda pilih, pastikan motherboard Anda memiliki soket yang benar untuk mendukungnya. Chip AMD mainstream terbaru menggunakan soket CPU AM4 sementara Intel Core Generasi ke-10 dan ke-11 membutuhkan soket LGA 1200, sedangkan Generasi ke-12 (Alder Lake) menggunakan LGA 1700, seperti halnya CPU Generasi ke-13 (Raptor Lake).

Motherboard yang kecil memiliki slot yang sedikit

Motherboard datang dalam tiga ukuran utama. Dari yang terbesar hingga terkecil, ada ATX, Micro-ATX dan Mini-ITX. (Ya, Mini lebih kecil dari Mikro). Anda dapat menggunakan sasis yang lebih kecil dengan papan mikro atau mini, tetapi Anda harus menerima slot VGA yang lebih sedikit, terkadang slot RAM yang lebih sedikit, atau konektor lainnya.

Jika anda sudah paham dengan penjelasan kami diatas kalian dapat membaca penjelasan kami dibawah ini tentang pilihan motherboard terbaik,simak disini daftarnya.

Baca Juga: Ketahui Jenis Jenis Prosesor Intel yang Ada Sampai Sekarang

Motherboard Terbaik Untuk Processor Intel

1. Gigabyte Z690 Aorus Pro

motherboard terbaik

Dengan harga sekitar 5jtan, Gigabyte Z690 Aorus Pro adalah motherboard Alder Lake kelas menengah yang mencakup semua keperluan basic dengan sangat baik. Ada banyak pilihan penyimpanan, termasuk empat soket M.2, audio yang diperbarui, dan tampilan baru. Di antara 13 port USB di IO belakang, empat soket M.2, dan pengiriman daya yang mumpuni, semuanya dengan harga yang jauh di bawah opsi unggulan, ada banyak hal yang disukai dari Z690 Aorus Pro. Selama Anda tidak memerlukan pencahayaan RGB terintegrasi atau Wi-Fi 6E(Anda masih mendapatkan Wi-Fi 6), Gigabyte Z690 Aorus Pro adalah motherboard Alder Lake yang sangat baik untuk perakitan komputer.

SPECIFICATIONS

Socket: LGA 1700
Chipset: Intel Z690
Form Factor: ATX
Voltage Regulator: 19 Phases
PCIe x16: (2) v5.0, (1) v3.0 USB
USB Ports: (1) USB 3.2 Gen 2×2 Type-C (10 Gbps), (4) USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps), (4) USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps), (4) USB 2.0
Warranty: 3 years

ALASAN UNTUK MEMBELI

+13 port USB
+90A VRM
+Empat soket M.2
+Harga yang wajar

ALASAN UNTUK TIDAK DIBELI

-Kontras heatsink
-Tidak ada Wi-Fi 6E (hanya 6)
Tidak memiliki RGB terintegrasi
Baca Review selengkapnya tentang Gigabyte Z690 Aorus Pro disini

2. ASRock’s Z690 Extreme WiFi 6E

motherboard terbaik

Motherboard terbaik selanjutnya adalah ASRock’s Z690 Extreme WiFi adalah motherboard yang bagus untuk memrakit komputer dengan menggunakan processor Intel berbasis Alder Lake, jika Anda ingin menghemat uang untuk membelanjakan pada komponen komputer lain motherboard ini menjadi pilihan anda. Performa out-of-the-box-nya dengan beberapa aplikasi multi-thread yang agak lebih lambat dari rata-rata dalam beberapa pengujian, tetapi beban kerja dan pengujian game yang ringan membuat board ini patut menjadi pilihan. Dari segi perangkat keras, board ini dilengkapi dengan baik untuk harganya, termasuk tiga soket M.2, delapan port SATA kekalahan, port Ethernet ganda (1GbE/2.5GbE), dan Wi-Fi 6E terintegrasi. Papannya juga terlihat bagus, dengan desain sebagian besar hitam, aksen biru tua, LED RGB terang, dan takik estetis di PCB.

Ada banyak pilihan bersaing dalam kisaran harga 3jtan, tetapi hanya ASRock Extreme yang dilengkapi dengan Wi-Fi 6E terintegrasi dan delapan port SATA. Jika Anda menyukai pencahayaan RGB, yang tidak dimiliki Asus dan MSI dengan harga ini, Extreme WiFi 6E adalah pilihan yang tepat. Kecuali Anda membutuhkan lebih dari lima port USB-A di IO belakang, Z690 Extreme adalah papan Z690 terbaik yang pernah kami uji dengan harga sekitar 3jtan.

SPECIFICATIONS

Socket: LGA 1700
Chipset: Intel Z690
Form Factor: ATX
Voltage Regulator: 15 Phases
PCIe x16: (1) v5.0, (1) v4.0, (1) v3.0
USB Ports: (1) USB 3.2 Gen 2, Type-C (10 Gbps), (1) USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps), (4) USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)
Warranty: 3 years

ALASAN UNTUK MEMBELI

+Harga lebih rendah dari motherboard lainnya
+Wi-Fi 6E dan port Ethernet ganda
+Delapan port SATA
+RGB terang

ALASAN UNTUK TIDAK DIBELI

-Hanya lima port USB Tipe-A di IO belakang
Performa out-of-the-box di bawah standar pada beberapa pengujian
Baca Review selengkapnya tentang ASRock’s Z690 Extreme WiFi disini

3. Gigabyte Z690I Aorus Ultra Plus

motherboard terbaik

Motherboard terbaik selanjutnya Gigabyte Z690I Aorus Ultra Plus telah membuktikan dirinya dalam pengujian kami sebagai opsi yang berkinerja baik, dan hemat biaya. Dibanderol dengan harga 5jtan, lebih murah daripada sebagian besar pesaing, dan mencakup dua soket M.2, codec audio premium modern, dan MOSFET 105A berkualitas tinggi untuk memberi makan CPU apa pun. Plus itu desain RGB-inklusif.

Jika kita melihat persaingannya, kita memiliki ASRock’s Z690 Phantom Gaming-ITX/TB4 (4.5jt) , MSI MEG Z690I Unify (6jt) dan Asus ROG Strix Z690-I Gaming WiFi 6E (6jtan). Ini lebih dari sekadar motherboatf ITX pada biasanya, dengan perbedaan tergantung pada harga dan kebutuhan Anda. Semua papan ini sudah termasuk Wi-Fi 6E dan 2,5 GbE, setidaknya dua port SATA dan dua soket M.2. Papan lainnya memiliki port SATA tambahan, sedangkan MSI adalah satu-satunya dengan tiga soket M.2.

Motherboard Gigabyte Z690I Aorus Ultra Plus memperbaiki masalah dengan slot PCIe versi sebelumnya dan memberi SKU yang umumnya lengkap dan pasti harganya terjangkau. Ini juga satu-satunya papan ITX berbasis Z690 dengan LED RGB terintegrasi untuk membuatnya menonjol secara visual. Jika anda yang ingin menggunakan lebih dari dua drive SATA perlu mencari di tempat lain, tetapi sebaliknya, Ultra Plus adalah opsi Z690 Mini-ITX terbaik untuk masalah harga.

SPECIFICATIONS

Socket: LGA 1700
Chipset: Intel Z690
Form Factor: Mini-ITX
Voltage Regulator: 13 Phases
PCIe x16: (1) v5.0
USB Ports: (1) USB 3.2 Gen 2×2 Type-C (20 Gbps) (3) USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps) (2) USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps) (2) USB 2.0 (480 Mbps)
Warranty: 3 years

ALASAN UNTUK MEMBELI

+Harga rendah di antara rekan-rekan ITX Z690
+Penampilan premium termasuk LED RGB
+MOSFET SPS 105A yang kuat

ALASAN UNTUK TIDAK DIBELI

-Hanya dua port SATA
Tidak ada dukungan SATA M.2
Baca Review selengkapnya tentang Gigabyte Z690I Aorus Ultra Plus disini

4. Z690 Aorus Tachyon

motherboard terbaik

Motherboard terbaik selanjutnya Z690 Aorus Tachyon salah satu motherboard dengan pengiriman daya yang kuat yang mendukung overclocking sub-ambien dari setiap CPU Alder Lake yang kompatibel. 105A SPS MOSFET, heatsink besar, dan alat overclocking memastikan board tidak menghalangi kecepatan clock tertinggi yang ingin dicapai. Dan dalam pengujian kami, kinerjanya di atas rata-rata secara keseluruhan, dengan beberapa hasil tercepat di benchmark Blender , Cinebench R23 dan Procyon Office, dengan pengujian game juga menunjukkan hasil yang sedikit lebih tinggi dari rata-rata untuk papan Z690 yang telah kami uji.

E-ATX Aorus Tachyon memiliki beberapa fitur yang membuat overclocking juga lebih mudah, termasuk tombol untuk menaikkan/menurunkan rasio CPU, fungsi cooldown, mode limp, kemampuan multiple BIOS, kapasitor Tantalum di sekitar area soket (lebih baik dan lebih mudah untuk isolasi sub- nol berjalan), dan banyak lagi.

Meskipun papan ini dibuat untuk overclocking, papan ini masih melakukan hampir semua hal lain dengan baik juga. Dari empat soket M.2 dan enam port SATA hingga solusi audio unggulan Realtek generasi terakhir, ia hadir dengan fitur yang berguna untuk hampir semua jenis pengguna. Namun, mereka yang membutuhkan lebih dari 64GB RAM (profesional, pembuat konten, dll), harus mencari di tempat lain.

SPECIFICATIONS

Socket: LGA 1700
Chipset: Intel Z690
Form Factor: E-ATX
Voltage Regulator: 18 Phases PCIe x16: (2) v5.0 USB
PCIe x16: (2) v5.0 (x16, x8/x8)
USB Ports: (1) USB 3.2 Gen 2×2 Type-C (20 Gbps), (3) USB 3.2 Gen 2 Type-A (10 Gbps), (4) USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)
Warranty: 3 years

ALASAN UNTUK MEMBELI

+Fitur overclocking berlimpah
+VRM 105A 105A 15 fase yang kuat
+Empat soket M.2

ALASAN UNTUK TIDAK DIBELI

-RAM hanya bisa menacapai 64GB
Codec audio generasi terakhir
Baca Review selengkapnya tentang Z690 Aorus Tachyon Plus disini

5. MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4

motherboard terbaik

Selama Anda tidak berencana untuk melakukan overclocking CPU Anda atau ingin menggunakan perangkat PCIe 5.0 sebelum melakukan upgrade berikutnya, MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4 dan chipset B660-nya menjadi pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin masuk ke Alder Lake tanpa menempatkan beban berat pada anggaran pembangunan Anda.

Ini tidak memiliki tampilan mewah atau pencahayaan RGB dari papan pricier, tetapi dilengkapi dengan semua yang Anda butuhkan untuk mendapatkan hasil maksimal dari CPU Alder Lake yang memiliki clock stock. Mortar mencakup dua soket PCIe 4.0 x4 M.2, enam port SATA, solusi audio generasi terakhir premium, dan VRM yang dengan mudah mengelola CPU Core i9 andalan.

Dalam pengujian kami, kinerja pada Mortar B660M kami mirip dengan papan DDR4 berbasis Z690 yang kami uji sebelumnya. Dengan kata lain, motherboard di bawah 3jt ini mampu memanfaatkan prosesor i9-12900K kami secara maksimal dengan biaya sepertiga lebih murah daripada kebanyakan penawaran Z690.

SPECIFICATIONS

Socket: LGA 1700
Chipset: Intel B660
Form Factor: Mini-ITX
Voltage Regulator: 9 Phase (8+1, 60A SPS MOSFETs for Vcore)
PCIe x16: (1) v5.0 (x16)
USB Ports: (1) USB 3.2 Gen 2×2 Type-C (20 Gbps), (1) USB 3.2 Gen 2 Type-C (10 Gbps), (3) USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps), (3) USB 2.0 (480 Mbps)
Warranty: 3 years

ALASAN UNTUK MEMBELI

+Dua soket M.2
+audio premium
+slot PCIe 5.0

ALASAN UNTUK TIDAK DIBELI

-Hanya enam port USB Tipe-A di IO Belakang
VRM panas selama pengujian
Baca Review selengkapnya tentang MSI MAG B660M Mortar WIFI DDR4 disini

Kesimpulan

Salah satu hal yang paling penting saat akan membeli motherboard adalah kompatibilitasnya dengan prosesor yang kamu gunakan. Jangan sampai kamu membeli motherboard yang salah membuatnya sama sekali tidak akan bisa kamu gunakan.

Oleh karena itu, baiknya anda untuk memperhatikan terlebih dahulu fitur-fitur dan spesifikasi yang ditawarkan oleh motherboard yang akan kamu beli sehingga dapat berjalan dengan lancar di komputermu dan mendukung performa PC agar semakin berkualitas. Adanya slot-slot tambahan untuk perangkat lain, memberikanmu kesempatan untuk upgrade PC demi performa semakin gahar.

Baca Juga: Pahami Beda Intel dan AMD Pada Processors Tersebut