hard disk

Kenali Fungsi Hard disk dan Jenisnya Pada Komputer Anda

Diposting pada

Hard disk – Telah menjadi satu diantara sisi terpenting yang perlu disaksikan saat sebelum beli perangkat komputer. Beragam kemampuan hardisk dapat kamu peroleh dari yang memiliki kecil sampai besar sesuai keperluan. Dari cuma memiliki Kb pada jaman dulu yang tentu saja tidak cukup buat jaman sekarang. Sampai saat ini telah mempunyai kemampuan yang demikian besar sampai TB atau Terabyte. Peranan hardisk penting sebagai sebuah piranti komputer. Makin besar kemampuan satu hardisk dalam sebuah computer karena itu semain baik juga performa CPU saat membaca aplikasi program atau data di saat digerakkan. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan sedikit informasi tentang apa itu hardisk serta jenis – jenisĀ  & fungsi dari hardisk tersebut. Untuk informasi selengkapnya kamu bisa cek dibawah ini.

Baca Juga: Pengertian GPU (Graphics Processing Unit) Serta Fungsi, & Cara Memilih GPU Yang Berkualitas

Tipe-Jenis Hard disk

IDE/ATA

hard disk

Tipe hard disk yang pertama ialah IDE atau ATA. IDE sebagai singkatan dari Integrated Devices Elektroniks, sedankan ATA ialah singkatan dari Advanced Technology Attachment.

Hardisk tipe ini ialah hard disk memiliki kecil yang mempunyai kemampuan optimal sejumlah 320 GB. Harddisk tipe ini telah jarang-jarang dipakai saat ini karena kemampuan kecil itu. Harddisk ini dipandang tidak ringkas dalam penggunaannya hingga mulai ditinggal oleh pemakai komputer.

SATA

hard disk

Tipe hard disk setelah itu SATA atau Seri Advanced Technology Attachment. Tipe harddisk satu ini sebagai tipe yang saat ini ini lebih banyak dipakai pada piranti netbook konservatif atau computer.

Kemampuannya lebih besar dibanding IDE/ATA, yakni capai 2 TB. Harddisk tipe SATA ini telah mempunyai beragam keunggulan dibanding hardisk tipe IDE/ ATA.

SCSI

hard disk

Seterusnya, ada tipe hardisk SCSI yang disebutkan dengan Small Komputer Sistem Interface. Tipe ini sebagai harddisk yang mempunyai kemampuan paling oke capai 5 TB dan mempunyai kecepatan membaca paling tinggi.

Peranan hardisk tipe SCSI ini umumnya dipakai pada computer server atau computer penyuplai database atau data. Dengan pemakaian harddisk SCSI, karena itu kamu dapat mentransfer beragam data lebih cepat serta lebih efektif dibanding memakai IDE/ ATA atau SATA.

Baca Juga: 5 Motherboard Terbaik Untuk Processor Intel Generasi Terbaru

Fungsi Hard disk

Peranan hardisk penting dalam sebuah piranti netbook atau computer. Antara peranan hardisk ialah:

Tempat Simpan Database

Salah satunya komponen paling penting pada suatu mekanisme computer ialah Database. Databse bisa menolong sebuahh program atau program untuk jalan dengan baik.

Database ini umumnya diletakkan dalam harddisk pada computer server. Ini dilaksanakan untuk mempermudah akses dari beragam Klien yang ingin mengaksesnya. Maka dari itu, hardisk yang dipakai menjadi server ini memerlukan hardisk dengan kemampuan tinggi supaya tidak ada permasalahan saat ambil data nantinya.

Disamping itu, pemakaian database harus juga jadi perhatian oleh pemakai supaya semua data yang diletakkan dapat aman. Karenanya pemakaian database ini mempunyai persyaratan tertentu.

Simpan Data dari OS

Seterusnya, peranan hard disk sebagai tempat simpan data dari OS. Umumnya OS yang dipakai pada suatu computer umumnya ialah Windows. Baik Windows atau OS lain memerlukan hardisk agar bisa mengpoperasikan sebuah komputer. Karena itu, peranan khusus harddisk untuk memasang OS. Tanpa OS computer tidak berperan untuk pemakainya.

Penyimpanan Data dari Software

Hard disk mempunyai peranan dalam penyimpanan data dari software. Supaya sebuah program dapat diinstall di piranti computer, karena itu dibutuhkan kemampuan harddisk yang cukup buat program itu.

Jika harddisk yang kamu pakai terlampau sarat dengan beragam jenis data, maka punya pengaruh pada performa program itu, bahkan juga pada komputer.

Simpan File Pemakai

Peranan hard disk setelah itu tempat simpan beragam file. Untuk pemakai, peranan hardisk benar-benar penting sebagai tempat simpan semua jenis data, file, dan document virtual seperti.doc,.pdf,.mp3, dan lain-lain.

Dengan peranan hard disk dalam simpan beragam file itu, karena itu dapat disebut harddisk ialah nyawa untuk seorang pemakai dalam komputernya. Saat harddisk hancur dan file yang sudah diletakkan emnghilang, tentu saja mengakibatkan beragam hal yang perlu dilaksanakan oleh pemakai jadi tidak dapat dilaksanakan. Penting tersebut peranan hardisk pagi user.

Sebagai Back-up Data

Disamping itu, peranan harddisk yang lain sebagai back-up data. Dengan kemampuan penyimpanan yang besar pada harddisk, karena itu kamu dapat simpan beragam tipe data disitu. Ini juga bermanfaat jika kamu takut kehilangan beberapa data utama di computer, hingga dapat di taruh di harddisk sebagai cadangan. Dengan demikian, kamu dapat amankan beberapa data kamu dari beragam ancaman.

Penutup

Dengan ketahui beberapa macam harddisk dan perannya, kamu dapat memberi yang terbaik untuk perawatan piranti netbook dan computer. Apa lagi peranan yang dipunyai oleh harddisk sangat penting sebagai media penyimpanan data, membuat kamu harus extra berhati-hati saat menentukan sesuai keperluan. Jika data yang hendak kamu taruh lumayan banyak, seharusnya langsung tentukan harddisk dengan kemampuan yang tinggi.

Baca Juga: Ketahui Jenis Jenis Prosesor Intel yang Ada Sampai Sekarang