Graphics Processing Unit

Pengertian GPU (Graphics Processing Unit) Serta Fungsi, & Cara Memilih GPU Yang Berkualitas

Diposting pada

Taukah kamu apakah itu GPU ? GPU sebagai ringkasan dari Graphics Processing Unit. Saat akan beli netbook atau PC, tentunya kita akan mempelajari lebih dulu mengenai spesifikasi dari computer itu. Dahulunya, semua proses komputasi dapat dituntaskan cukup dengan CPU atau yang lebih dikenali sebagai otak khusus komputer. Tetapi bersamaan mengembangnya tehnologi dan tuntutan untuk memberi penampilan grafis yang lebih bagus, pemakaian CPU dirasakan kurang maksimal.

Untuk penuhi tuntutan itu, nampaklah GPU atau Graphic Processing Unit. Lalu, apakah itu GPU? Apa perannya dan bagaimanakah cara pilih supaya memperoleh GPU yang berkualitas? Yok baca pembahasan berikut ini.

Mengenal Apakah itu GPUGraphics Processing Unit

Graphics Processing Unit (GPU) atau umum disebutkan Visual Processing Unit (VPU) atau dengan bahasa Indonesia memiliki arti Unit Pengolah Grafis. GPU ialah sebuah prossesor khusus pada bagian grafis 3D dari microprocessor. Alat ini dipakai di mekanisme benam, telephone pegang, computer individu (PC atau netbook), konsol games dan workstation. GPU (Graphics Processing Unit) sebuah elemen khusus berbentuk unit yang bekerja memproses segalanya yang ke arah grafis baik itu berwujud games, multimedia (video), gambar atau animasi 2D/3D dan lain beberapaya.

GPU ini dibuat menjadi pasangan CPU (Central Processing Unit) yang disebut processor PC atau netbook. Arah awalnya dibuat GPU ini cuma untuk display saja tetapi lama-lama berkembang dan dapat memproses beberapa tugas, hingga beban CPU atau prosesor lebih enteng.
Peranan khusus dari GPU ini ialah menolong performa CPU. Langkah kerjanya yaitu dengan lakukan render pada gambar, video atau animasi yang diperlihatkan pada monitor computer kamu. Letak hardware ini dekat sama CPU, yaitu ada di motherboard.

Baca Juga: 5 Motherboard Terbaik Untuk Processor Intel Generasi Terbaru

Apa Fungsi GPU?

Balik lagi ke peranan GPU, yang bisa juga dikatakan sebagai konstruksi muka komputer. Di mana peranan GPU sebagai elemen yang dispesialiskan untuk mengolah grafis, selanjutnya tampilkannya pada monitor PC. Untuk memperjelasnya, berikut pembahasan komplet peranan dari GPU.

1. Grafis

Peranan pertama dan khusus dari GPU untuk mengolah saran grafis pada computer, selanjutnya mengolahnya untuk diperlihatkan pada monitor monitor dengan kualitas tinggi.
Pemakaian GPU dengan detail tinggi benar-benar diperlukan oleh kamu yang bekerja di bagian design grafis. Begitu halnya beberapa praktisi animasi, gamers, pembikin maket dan blueprint project dan kegiatan koreksi video dan photo.Bahkan juga dapat disebutkan, tanpa GPU, semua kegiatan itu tidak kamu cicipi senyaman sekarang. Karena, GPU sebagai salah satunya persyaratan khusus pada elemen piranti computer modern.

Sama seperti yang sudah disentil awalnya, bila awalannya semua komputasi yang terkait dengan grafis cuma digerakkan oleh CPU.
Tetapi, bersamaan mengembangnya tehnologi, sisi yang dipandang otak khusus computer ini dirasakan kurang oke untuk lakukan kerja berat. Dari sini, GPU selanjutnya datang dan mendapatkan peranan sebagai otak khusus untuk display computer modern.

2. Komputasi Berulang-ulang

Selainnya mempunyai peranan khusus pada bidang grafis, GPU (Graphics Processing Unit) berperan untuk aktivitas lain. Sebutlah saja komputasi paralel pada data dalam jumlah relatif banyak. Hardware ini memungkikan kamu lakukan aktivitas dengan beberapa data dan software secara bersamaan.Pemakaian GPU dengan detail tinggi akan membuat computer berasa lebih enteng saat dipakai untuk beraktivitas berat, seperti bermain game.

Contoh kegiatan lain yang memerlukan perform optimal ialah penambangan cryptocurrency. Proses penambangan yang dapat disebutkan berat menuntut ketahanan GPU yang tinggi, hingga sanggup memberi hasil maksimal.Kegiatan penambangan cryptocurrency memerlukan performa GPU (Graphics Processing Unit) yang sangar dan proses performa yang sama-sama terintegrasi.

Cara Memilih GPU Yang Berkualitas

Graphics Processing Unit

Perubahan jaman yang demikian cepat ini seolah menuntut beberapa produsen GPU (Graphics Processing Unit) untuk berlomba keluarkan produk terbaiknya. Bahkan juga, cukup banyak perusahaan yang selalu keluarkan seri produk terkini tiap tahunnya, dengan detail berbeda. Sayang, jadi orang pemula ini malah benar-benar membingungkan. Kamu kemungkinan dibikin sedikit ragu, harus pilih GPU dari merek apa, detail seperti lain-lain dan apa. Nah, berikut kami beri beberapa panduan saat menentukan GPU (Graphics Processing Unit) yang sesuai keperluan tentunya berkualitas dan kamu.

Baca Juga: Pahami Beda Intel dan AMD Pada Processors Tersebut

1. Tentukan GPU Nvidia atau AMD

Nvidia dan AMD sebagai dua perusahaan paling besar yang memimpin pemasaran GPU (Graphics Processing Unit) di semua dunia. Beberapa produk dari AMD atau Nvidia memang tidak perlu ditanyakan lagi. Untuk produk terbaik, games online dan kegiatan berat yang lain dapat disikat dengan lancar.

Tentu saja masing-masing produsen GPU (Graphics Processing Unit) terbaik di bumi ini mempunyai kelebihan tersendiri. Seperti perform AMD yang kalah dari Nvidia. Namun, harga produk dari AMD memang lebih miring, hingga GPU AMD semakin banyak dipakai pada piranti entry-level dan menengah ke atas.

2. Lihat Performa GPU

Performa computer atau netbook akan tergantung dari perform GPU itu sendiri. Di mana masing-masing GPU umumnya dibuat untuk keperluan yang spesifik. Sebagai contoh, GPU berperforma tinggi umumnya dipakai untuk PC gaming. Minimum memorinya juga harus 2 GB.
Namun, makin besar RAM dari GPU itu, makin besar ruangan memory yang hendak kepakai. Jadi yakinkan bila kemampuan memory pada piranti kamu cukup besar.

3. Tentukan GPU Sama sesuai Bujet

Untuk kamu yang mempunyai anggaran berbatas, tidak ada kelirunya cari GPU pada harga murah. Toh sekarang ini telah banyak dipasarkan GPU pada harga 2 sampai 5 juta-an rupiah saja. GPU dengan range harga itu cukup untuk jalankan kegiatan komputasi enteng sampai menengah.
Sementara untuk kegiatan berat seperti bermain games, seharusnya tentukan GPU dengan detail lebih tinggi. Harga juga relatif mahal, yaitu dapat di atas 10 juta rupiah.

4. Service Konsumen dan Garansinya

Untuk sebuah produk electronic, garansi ialah suatu hal yang harus diberi produsen atau distributor pada customer. Pemberian service konsumen setia dan garansi terbaik umumnya digunakan sebagai taktik pemasaran sebuah perusahaan.

Nah, di sini kamu dapat memakainya dengan cari GPU yang tawarkan service garansi terbaik dan konsumen setia.
Misalnya EVGA, salah satunya produsen GPU yang tawarkan garansi terbaik dibandingkan beberapa pesaingnya. Sayang merek ini belum demikian terkenal di Indonesia, dan servis centernya juga masih lumayan susah dijumpai.

Penutup

Graphics Processing Unit (GPU) ialah processor khusus pada bagian grafis 3D dari mikroprosesor. Peranan khusus dari GPU ini ialah menolong performa CPU. Langkah kerjanya dengan merender gambar, video atau animasi yang diperlihatkan di monitor computer kamu. Letak hardware ini dekat sama CPU yakni pada motherboard.

Baca Juga: Apakah Processor Laptop Bisa Diganti ? Temukan Jawabannya Disini !!!