casing komputer

Apa Itu Casing Komputer ? Kenali Jenis & Bagaimana Cara Memilihnya

Diposting pada

Casing Komputer – Atau disebut sebagai sasis dan kadang-kadang disebut sebagai unit sistem atau unit dasar . casing komputer adalah wadah yang membantu melindungi dan mengatur semua komponen yang membentuk komputer desktop. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih casing untuk komponen komputer kalian, salah satunya seperti jenis & bahan dari casing komputer tersebut.

Casing komputer menjadi salah satu bagian yang tidak bisa abaikan jika kita ingin membuild PC, karena bisa diibaratkan bahwa casing ini seperti rumah untuk komponen komputer. Jenis pada casing komputer pun berbeda – beda tergantung pergunaannya contoh jika kalian ingin membuild pc gaming tentunya casing yang diperlukan berbeda dengan casing komputer pada umumnya, dan jika kalian ingin komputer anda memiliki sirkulasi udara yang bagus pastinya bahan dari casing tersebut pun berbeda. Untuk memahami soal casing komputer di dalam artikel ini kami akan menjabarkannya satu persatu.

Mengapa Kita Membutuhkan Casing Komputer?

Ada beberapa orang yang mengabaikan pentingnya casing komputer bahkan ada beberapa orang yang tidak menggunakan casing pada komputer mereka, mereka metelakan komponen komputer mereka pada dinding atau meja mereka. Tetapi hal itu tidak kami rekomendasikan karena kami melihat bahwa casing pada komputer adalah hal yang paling penting. Berikut penjelasan kami :

  • Struktur – casing dapat  menyatukan semuanya dengan cara yang kompak dan terorganisir.
  • Proteksi – Tanpa casing, setiap komponen sensitif di komputer akan rentan terhadap kotoran, benda asing, anak-anak, binatang, dan gangguan listrik.
  • Pendinginan – Casing membantu menjaga udara mengalir dengan baik ke semua komponen, yang membuat semuanya tetap dingin dan bekerja dengan baik.
  • Kebisingan – Banyak komputer dan komponen memiliki kipas yang menghasilkan kebisingan. Memiliki komponen-komponen yang teroganisir dalam casing mengurangi kebisingan secara keseluruhan.
  • Estetika – Meskipun beberapa orang mungkin tidak setuju, namun kebanyakan orang lebih suka melihat casing komputer dari pada semua papan sirkuit, kabel, dan komponen komputer.

Baca Juga: Pengertian GPU (Graphics Processing Unit) Serta Fungsi, & Cara Memilih GPU Yang Berkualitas

Jenis-jenis Casing Komputer

Ada beberapa jenis casing komputer seperti yang kami sebutkan di bawah ini:

1. Casing Mini ITX

casing komputer

Jenis casing komputer yang pertama ialah mini ITX. Sesuai dengan namanya casing ini memiliki ukurang yang sangat kecil biasanya pengguna yang menggunakan casing ini adalah untuk mengoptimasikan ruangan mereka, jika komputer mereka di tempatkan di ruangan yang kecil pasti casing yang mereka pakai adalah casing mini ITX karena casing yang berukuran mini ini sangat cocok untuk ruangan yang sempit. Tetapi jangan sampai salah, jika kalian ingin menggunakan casing ini pastikan motherboard yang anda gunakan juga adalah jenis Mini ITX.

2. Mini Tower Micro ATX

casing komputer

Jenis casing komputer yang satu ini memang masih berukuran kecil tetapi tidak sekecil Mini ITX, casing ini berukuran 30 cm sampai 35 cm. Casing ini cocok untuk di kantor atau warnet yang memiliki space tidak terlalu besar tetapi memerlukan komputer yang cukup banyak. Casing ini juga cukup digemari karena sudah mampu menampung berbagai ukuran mobo seperti motherboard micro ATX.

3. Casing Mid-Tower ATX

casing komputer

Casing Mid-Tower ATX sebagai tipe casing pc yang paling populer dan terbanyak dipakai. Kenapa casing Mid-Tower ATX dapat paling populer dan sering dipakai? Karena casing pc ini mempunyai ukuran standard tidak besar tapi bisa memuat semua tipe elemen. Casing pc ini diperlengkapi sama ukuran 43 sampai 48 cm. Casing Mid-Tower ATX dapat menjadi opsi untuk beberapa gamers. Dalam memasangkan 2 VGA pada casing ini berharap berhati hati karena bila salah pasang maka mengakibatkan airflow terbatas dan pada akhirnya temperatur CPU jadi tidak konstan.

4. Casing Full Tower

casing komputer

Bila Anda memerlukan sebuah casing pc sama ukuran yang besar karena itu casing full tower bisa anda menjadikan rekomendasi saat sebelum beli casing pc. Umumnya casing full tower ini diperlukan oleh pemakai dengan spesifikasi tinggi. Casing full tower ini memiliki panjang ukuran sekitaran 50 cm, tinggi 70 cm, dan lebar sekitaran 20 cm. Bila Anda ingin mempunyai casing pc ini, yakinkan memiliki ruang yang lumayan besar untuk memuat casing full tower ini. tipe-jenisnya yang bermacam jadi pemikiran saat sebelum membeli. Sesuaikan di antara ekonomi anda dengan casing yang ingin dibeli jadi jalan keluar memperoleh harga terbaik. 4 tipe casing pc itu dapat anda dalami saat sebelum beli sebuah casing pc. Ukuran casing pc pada intinya merujuk pada faktor-faktor motherboard yang dipakai. Casing pc akan memberi faedah tertentu untuk suatu computer.

Baca Juga: Ketahui Jenis Jenis Prosesor Intel yang Ada Sampai Sekarang

Penutup

Sekian informasi yang dapat kami berikan, hal yang kami dapat sarankan dalam pemilihan casing pada komputer adalah pilih casing sesuai dengan apa yang kamu miliki sesuaikan budget dan juga penempatan komputer kamu.