apa itu heatsink

Apa Itu Heatsink ? Kenali Fungsi & Cara Kerjanya Disini

Diposting pada

Apa Itu Heatsink – Tiap komponen elektronik memiliki ketentuan-ketentuan operasional supaya bisa dipakai dengan maksimal dan aman. Salah satunya dari ketetapan atau standard itu, khususnya di dunia komputer, ialah suhu. Suhu yang pas dari beberapa komponen komputer di saat kita menjalankan komputer atau netbook akan tentukan perolehan performa komponen itu dan keawetannya.

Pada komputer ada 2 komponen yang paling penting dalam jalankan tugas berat, yakni CPU yang diperuntukkan untuk penghitungan operasi-operasi program dan VGA yang diperuntukkan untuk pemrosesan grafis. Tetapi sekarang VGA dipakai untuk lakukan proses penghitungan yang dikenali dengan panggilan High Performnce Computing. Pada akhirannya ke-2 komponen berikut yang lakukan semua tugas berat dalam paket komputer atau netbook kita.

Performa berat yang sudah dilakukan oleh ke-2 komponen itu berpengaruh pada bertambahnya temperatur pada komputer. Untuk pastikan supaya ke-2 komponen itu bisa berperan dengan maksimal, karena itu dibutuhkan sebuah mekanisme piranti tambahan yang dapat mendinginkannya. Mekanisme piranti berikut yang dikatakan sebagai heatsink. Untuk ketahui lebih jauh berkenaan pemahaman apa itu heatsink ? Silahkan kita baca dalam ulasan di bawah ini.

Apa Itu Heatsink ?

apa itu heatsink

Heatsink merupakan komponen yang terdapat pada komputer atau laptop yang berfungsi untuk mengatur suhu pada komponen komputer atau laptop, karena heatsink merupakan alat pengendali panas yang besifat menyerap panas yang dihasilnya oleh komponen-komponen komputer, kemudia panas tersebut dipindahkan ke media fluida di sekitarnya, bisa merupakan CPU cooler cair atau pun berbentuk kipas.

CPU atau VGA biasanya komponen komputer atau laptop yang terdapat heatsink didalamnya, namun pada komputer high end tidak jarang heatsink ditambahkan pada bridge atau RAM.

Fungsi Heatsink

apa itu heatsink

Fungsi heatsink yang paling penting untuk mengontrol atau mendinginkan suhu pada komponen komputer dan netbook yang beraktivitas berat hasilkan banyak energi panas. Jaga suhu komponen CPU dan VGA ialah pekerjaan khusus dipakainya heatsink. Ke-2  komponen itu penting dijaga temperaturnya buat pastikan program-progam yang ter-install dalam komputer atau netbook kita dapat bekerja sesuai kemampuan maksimal komponen itu.

Selainnya mendinginkan komponen penting dalam komputer dan netbook, heatsink ini berperanan dalam operasional piranti kita supaya bisa digerakkan. Bila keadaan CPU terlampau panas karena sudah jeleknya keadaan heatsink-nya, karena itu jangankan kita dapat tingkatkan perform beberapa program yang ter-install, kita bahkan juga tidak bisa mengawali komputer atau netbook kita karena pada umunya komputer dan netbook sudah dikasih code pengaman pada mekanisme BIOS-nya untuk mengetahui penyimpangan pada piranti kita. Salah satunya poin utama yang jadi tanda pengaman mekanisme ialah suhu CPU.

Bila suhu CPU pada komputer atau netbook kita terlampau tinggi, karena itu piranti akan lakukan auto shutdown untuk pastikan tidak ada kerusakan pada komponen. Bila Anda merasakan komputer atau netbook Anda kerap tiba-tiba re-start sendirinya, Anda pantas berprasangka buruk apa heatsink yang ada sudah turun performanya. Bila hal itu terjadi sering, karena itu dianjurkan untuk menukar heatsink supaya komponen komputer atau netbook Anda aman.

Fungsi heatsink yang selanjutnya masih terkait dengan beberapa fungsi awalnya yakni menolong menahan kerusakan data. Bila Anda tengah kerjakan suatu hal memakai komputer atau netbook dan rupanya suhu CPU Anda terlampau tinggi, karena itu piranti Anda akan lakukan auto re-start atau auto shutdown.

Bila terjadi begitu dan Anda belum simpan hasil kerja Anda, maka mempunyai potensi pada kerusakan data tugas Anda. Dengan begitu fungsi heatsink ini benar-benar penting untuk jaga performa netbook kita dan komputer. Tetapi secara umum keadaan heatsink masih lumayan baik sampai tiga tahun penggunaan secara normal.

Langkah Kerja Heatsink

apa itu heatsink

Langkah kerja heatsink dibagi jadi 2 tipe, yakni active passive heatsink dan heatsink. Kemungkinan Anda sekaligus dapat menerka-nerka kurang lebih apakah itu active passive heatsink dan heatsink. Tetapi supaya tidak salah pengertian karena mendefinisikan sendiri, dan untuk membuat bertambah pengetahuan di dunia komputer, silahkan kita baca rincian berikut.

Heatsink pada intinya bekerja dengan mengalihkan panas dari komponen komputer tertentu seperti CPU dan VGA ke udara bebas. Dengan terbebasnya panas dari beberapa komponen itu, karena itu performanya akan maksimal. Proses perpindahan panas ini mengaplikasikan konsep pengetahuan fisik, di mana panas dapat dipindah lewat 3 langkah: konveksi, konduksi, dan radiasi. Heatsink bekerja dengan memadukan sistem konveksi dan konduksi.

Biasanya heatsink sebagai rangkaian komponen yang terbagi dalam kipas dan logam. Logam dipakai karena memiliki konduktvitas termal yang tinggi. Lewat logam berikut panas pada CPU dan VGA dipindah ke logam dengan sistem konduksi. Selanjutnya panas yang ada di logam heatsink ini dibuang ke udara memakai kipas heatsink. Atau juga bisa dipindah ke cairan dingin bila media yang dipakai heatsink berwujud cair.

Jika Anda membuat komputer, Anda akan gampang mengenali heatsink ini pada CPU dan VGA. Pada VGA umumnya dipasang logam-logam yang demikian banyak. Makin tinggi kekuatan VGA Anda, logam-logam yang melekat di situ akan kelihatan makin menakutkan dan gagah. Ini karena panas yang dihasikan lumayan besar untuk processing diagram kualitas tinggi. Sekilas bila Anda menyaksikan heatsink pada VGA yang tersebar di pasar, yang didedikasikakn untuk beberapa gamer, memiliki heatsink yang hebat banyak.

Dari sisi logam-logam itu, heatsink VGA biasanya diperlengkapi dengan kipas yang telah melekat langsung pada heatsink itu. Heatsink dengan kipas ini dikatakan sebagai passive heatsink. Disebutkan passive karena kipas pada heatsink tipe ini segera tersambung pada serangkaian besi heatsink-nya.

Berlainan dengan heatsink pada VGA, heatsink pada CPU tidak mempunyai kipas yang terpadu langsung dengan CPU. Jika Anda buka CPU dari komputer Anda, akan dijumpai CPU di bawah serangkaian heatsink yang komplet dengan kipasnya. Bila Anda membuka heatsink itu Anda akan merasakan CPU Anda diproteksi oleh pasta. Pasta ini sebagai media heatsink, di mana terhitung media cair. Panas yang dibuat dari CPU akan ditransfer ke pasta CPU itu dan dilanjutkan pada logam heatsink yang berada di atasnya.

Kipas yang terpadu dengan logam heatsink akan menolong mendinginkan lewat konsep konveksi udara. Heatsink sama seperti yang ada di CPU ini dikatakan sebagai active heatsink karena kipas yang ada di serangkaian kompenen heatsink tidak terpadu langsung pada piranti yang didinginkan, yakni CPU. Disamping itu berlainan dengan heatsink pada VGA, heatsink pada CPU ini mempunyai kipas yang memperoleh daya dari jaringan motherboard atau disebutkan tidak mendapatkan daya lewat CPU.

Penutup

Bagaimana sudah mengerti kan apa itu heatsink ? Jika kalian tertarik dengan artikel ini jangan lupa untuk bookmark website ini dan membagikan ke teman-teman kalian ya ! Sekian artikel tentang apa itu heatsink, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian.