northbridge

Mengenal Apa itu Northbridge Serta Cara Kerjanya Pada Komputer

Diposting pada

Northbridge adalah sebuah chipset yang ada pada motherboard yang terhubung dengan processor pada komputer dan bertugas untuk mengontrol konektivitas memori, bus Peripheral Component Interconnect (PCI), cache Level 2, dan semua aktivitas Accelerated Graphics Port (AGP), selain Northbridge masih ada banyak komponen lain yang ada pada Motherboard seperti Southbridge salah satunya.

Bridge ini terkoneksi dengan processor menggunakan Frontside Bus (FSB). Bridge ini adalah salah satu bagian dari dua chipset yang disebut Northbridge dan Southbridge. Southbridge menangani fungsi input dan output (I/O) dari chipset yang ada pada motherboard.

Baca Juga: Apa Itu Heatsink ? Kenali Fungsi & Cara Kerjanya Disini

Cara Kerja Northbridge

northbridge

Bridge ini yang juga dapat disebut sebagai PAC (PCI/AGP Controller) dan nb, Northbridge adalah sebuah sirkuit terintegrasi yang bertanggung jawab sebagai penghubung antara CPU, AGP, dan memori.

Berbeda dengan Southbridge, bridge ini terhubung langsung pada komponen-komponen ini dan bertindak seperti “jembatan” untuk  Southbridge yang bertugas berkomunikasi dengan CPU, RAM, dan pengontrol grafis. Saat ini, bridge ini adalah chip tunggal yang berada di utara bus PCI, namun pada komputer awal mungkin memiliki hingga tiga chip terpisah yang membentuk bridge ini.

Di bawah ini adalah ilustrasi gambar dari motherboard ASUS P5AD2-E dan beberapa penjelasan dasar dari masing-masing komponen yang terdapat pada motherboard, termasuk bridge ini . Seperti yang ditunjukkan, Northbridge dan Southbridge umumnya memiliki heat sink tersendiri. Juga, bridge ini biasanya sedikit lebih besar dari Southbridge, dan diposisikan lebih dekat ke CPU dan memori.

northbridge

Ketika CPU membutuhkan data dari RAM, permintaan dikirim ke pengontrol memori melalui bridge ini. Setelah permintaan diterima, ia akan merespons, namun beberapa motherboard yang lebih baru telah menggantikan Northbridge dan Southbridge dengan IHA.

Chipset IHA Menggantikan Chipset Nothbridge dan Southbridge

Intel Hub Architecture (IHA) telah menggantikan chipset Northbridge/Southbridge. Chipset IHA juga memiliki dua bagian, yaitu:

  1. Graphics dan AGP Memory Controller Hub (GMCH)
  2. I/O Controller Hub (ICH).

Arsitektur IHA digunakan dalam chipset 800 seri Intel, yang merupakan arsitektur chipset pertama yang menjauh dari desain Northbridge/Southbridge.

Penutup

Bridge ini adalah dari 2 chip, atau circuit terintegrasi (IC), dalam chipset pada motherboard. Chip yang lain disebutkan southbridge. Tiap chip mempunyai rangkaian pekerjaan khusus dan berbicara di antara CPU dan piranti external lewat bis.

Bridge ini menyambungkan southbridge ke CPU. Ini kerap dikatakan sebagai hub pengatur memory. Ini tangani elemen yang bisa lebih cepat pada motherboard, terhitung RAM, ROM, mekanisme Input/Output dasar (BIOS), port grafis dipercepat (AGP), PCI Kilat, dan chip southbridge dan CPU. Ini mengatur cache CPU, bila berada di motherboard.

Baca Juga: Kenali Fungsi Hard disk dan Jenisnya Pada Komputer Anda