power unit supply

Mengenal & Memahami Apa Itu Power Supply (PSU)

Diposting pada

Power supply – Atau PSU adalah komponen perangkat keras yang berperanan sebagai penyuplai listrik dan daya yang dipakai untuk menghidupkan perangkat yang lain dan komputer. Tool power supply ini mengganti arus listrik yang diambil dari sumber listrik seperti setop contact, battery atau generator dan melanjutkan daya itu ke perangkat yang tersambung. Disamping itu, power supply yang kadang dipersingkat PS, P/S, atau PSU ini atur tegangan dan yang mengucur ke perangkat untuk menahan panas berlebihan atau overheating.

Nah bila Anda ingin ketahui lebih dalam mengenai apakah itu psu, Anda untung! Di artikel ini kali, kami akan mengulas semuanya yang perlu Anda kenali tentangnya.Dimulai dari pemahaman, tipe, komponen, sampai langkah kerjanya. Yok langsung kita awal

Baca Juga: Apa Itu Heatsink ? Kenali Fungsi & Cara Kerjanya Disini

Apa Itu Power Supply?

Secara singkat, PSU ialah serangkaian komponen electronic yang direncanakan untuk menyuplai daya listrik ke minimal satu atau beberapa perangkat electronik. Disamping itu, PSU bisa juga dipakai untuk mengganti beberapa wujud energi yang lain seperti matahari, energi teknisi, atau kimia jadi energi listrik.Untuk menjalankan beberapa perlengkapan electronic, Anda memerlukan beberapa sumber tegangan listrik yang bergantung akan keperluan perangkat itu sendiri.

Untuk IC dan transistor, Anda akan memerlukan voltage dc yang rendah. Dan, untuk menjalankan CRT dan perangkat yang lain memerlukan voltage dc tinggi. Psu terima energi dari outlet listrik dan mengganti arus AC (arus bolak-balik) ke DC (arus sama arah) energi yang diperlukan sebuah komputer.

Tool ini dipakai untuk atur jumlah energi perangkat telah tidak terlalu berlebih dan cukup. Ini memungkinkannya komputer jalan secara lancar tanpa kepanasan. Power supply adalah sisi paling penting pada komputer, seer, dan perangkat electronic lainnya. Tanpa dia, komponen lain dari perangkat tidak berperan dengan baik.

Pada suatu perangkat, Anda dapat mendapati psu dengan menyaksikan di mana kabel tersambung. Kabel ini dipakai untuk mentransfer energi ke perangkat itu. Bila Anda buka psu itu, didalamnya ada kotak logam yang berisi kipas dan beberapa kabel yang menyambungkannya ke perangkat.

Fungsi Power Supply

Sesudah ketahui pemahaman dari psu, tentu saja Anda ingin tahu bukan apa peranan dari alat ini. Nah berikut ialah banyak hal yang dapat dilaksanakan psu selainnya jadi tenaga listrik dan daya perangkat electronik. Psu juga mempunyai fungsi diantara lain:

  • Mengganti arus tegangan listrik supaya tidak melewati batasan optimal perangkat.
  • Jadi daya cadangan berbentuk battery. Contoh dari peranan ini ialah UPS yang dibikin untuk menahan listrik mati tiba-tiba saat supply energi terhenti.
  • Mengganti arus tegangan tinggi AC (alternating current) ke arus tegangan rendah DC (direct current).

Baca Juga: Pengertian GPU (Graphics Processing Unit) Serta Fungsi, & Cara Memilih GPU Yang Berkualitas

Tipe Power Supply

Nah psu sendiri dipisah jadi beberapa macam yang lain, berikut keterangan ringkas mengenai type-tipenya:

Tipe Internal

power supply

Sesuai namanya intern psu ialah catu daya yang terpadu dan ada dalam motherboard atau chip induk sebuah perangkat. Mayoritas komputer desktop mempunyai psu intern yang tersambung langsung ke motherboard. Selainnya komputer, amplifier dan CD/DVD player memakai tipe ini.

Tipe Eksternal

power supply

Tipe psu external biasanya terpisah dari motherboard atau chip induk dari perangkat electronicnya. Anda dapat semakin gampang menyaksikan psu ini secara fisik. Perangkat electronic kecil seperti netbook atau hard drive external biasanya memakai psu external untuk isi daya battery yang berada di dalamnya.

Adjustable Psu

power supply

Catu daya yang arus dan daya listriknya dapat diganti dan ditata sama sesuai keperluan pemakai. Biasanya, arus listrik diganti memakai knob teknisi pada perangkat.

Regulated

power supply

Tipe regulated psu dipakai untuk jaga kestabilan dan jumlah tegangan dan energi listrik yang dapat diterima dan dipakai sebuah perangkat. Salah satunya contoh psu regulated ialah kepala pengisi daya smartphone yang umumnya terbatasi dari 5 watt, 6 watt, sampai 120 watt untuk menghindar overheating.

Unregulated

Sesuai namanya, unregulated psu ialah type catu daya yang memungkin pemakai untuk mengganti daya energi listrik sama sesuai keperluan. Tipe catu daya ini biasanya terpasang pada perangkat aktif yang sering berbeda dan tidak memiliki sumber dan beban listrik yang tetap.

Komponen Power Supply

Untuk membuat tegangan listrik yang sukses pada suatu perangkat, diperlukan beberapa komponen. Berikut beberapa salah satunya:

  • Transformator — komponen ini dipakai untuk mengalihkan tenaga daya listrik pada beberapa instalasi listrik lewat induksi elektromagnetik.
  • Dioda — kombinasi dari 2 kata elektroda (anoda dan katoda) yang berperan untuk mengalihkan daya pada tegangan maju dan menghalangi arus pada tegangan balik.
  • Kapasitor — komponen yang berperan untuk mengganti tegangan arus AC ke DC.
  • Resistor — komponen yang dipakai untuk turunkan, membagikan, dan batasi arus listrik yang masuk pada perangkat.
  • IC Regulator — komponen ini berperan untuk atur tegangan yang diterima perangkat electronic. Maksudnya untuk jaga konsistensi perangkat.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Northbridge Serta Cara Kerjanya Pada Komputer

Penutup

Nah, itu lah keterangan komplet mengenai psu. Secara singkat, power supply adalah komponen paling penting pada perangkat electronic. Tanpa power supply, Anda tidak bisa aktifkan atau memakai banyak perangkat