4 Rekomendasi AIO Liquid Cooler 240mm Terbaik Di 2022

Diposting pada

Aio Liquid Cooler Terbaik – PC gaming bersuhu rendah sangat penting apalagi jika kalian berencana untung mengoverclock atau ingin memainkan game – game dengan grafis yang tinggi di game triple A keluaran terbaru, tentunya jika kalian tidak memiliki pendingin yang cukup memumpuni bisa dipastikan PC anda akan mengalami Overheat. Untuk menghindari overheat hal yang dapat kalian lakukan adalah memasang pendingin pada komputer anda, mungkin ini terdengar sepele pasalnya kalian bisa memasang pendingin apa pun ke dalam pc kalian entah itu yang murah atau yang kurang berkualitas. Namun perlu saya tekankan bahwa pendingin yang memiliki kualitas yang tinggi akan membuat suhu pada PC anda akan tetap dingin & kinerja pada PC anda pun akan berdampak secara langsung.

Di dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa pendingin AIO favorite kami, yang semuanya terlah kami uji satu persatu. Apa itu AIO liquid cooler ? Pendingin AIO adalah pendingin yang bekerja dengan cara yang mirip dengan radiator mobil. Sebuah pompa, diposisikan di atas CPU, mengedarkan cairan khusus (biasanya kombinasi air suling dan cairan konduktif termal) di sekitar sistem soft tube, dan dikonfigurasi dalam loop tertutup. Jika pendingin pada umumnya menggunakan udara sebagai media utamanya, berbeda dengan AIO ini, AIO menggunakan bahan cairan sebagai media utamanya. Berikut daftar AIO liquid cooler terbaik menurut kami.

Baca Juga: 5 Motherboard Terbaik Untuk Processor Intel Generasi Terbaru

Daftar AIO Liquid Cooler Terbaik

Berikut ini adalah daftar AIO liquid cooler favorit kami, yang semuanya telah kami uji. Kami tahu pembaca kami memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda, jadi kami telah memilih berbagai opsi yang sesuai dengan semua anggaran dalam semua kasus penggunaan. Yang mana yang kalian pilih akan tergantung pada kebutuhan khusus kalian. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan; ada ukuran radiator dan kompatibilitas casing, kapasitas pendinginan, harga, tingkat kebisingan, keandalan, dan ya, penampilan juga penting. Berikut daftarnya :

1. EK-AIO Basic 240

AIO cooler terbaik

Dalam dunia liquid cooling, EK adalah nama brand yang sangat terkenal. Seri EK Basic berfokus pada nilai uang dan kinerja. Ditambah lagi, tidak ada fitur RGB sama sekali, yang membantu menekan harga jual. Jika ini menarik bagi Anda, maka EK AIO Basic 240 layak untuk dilihat. EK Basic 240 benar-benar menonjol berkat kualitas build-nya. Alat ini cukup besar dan dibuat dengan baik. Kipas EK-Vardar yang disertakan sangat bagus dan memiliki rentang kecepatan operasi yang luas. Sangat baik untuk memiliki beberapa headroom berkecepatan tinggi jika Anda membutuhkannya. Sebagian besar waktu, kipas ini pada dasarnya tidak bersuara.

Kinerja yang diberikan sangatlah mengesankan, bahkan kemampuan pendingin ini hampir setara dengan pendingin berukuran 360mm. Pendingin ini akan menjadi berisik jika kalian mencoba mendorong CPU Rocket Lake yang di-overclock, tetapi hampir semua pendingin lainnya juga demikian. EK-AIO basic 240 sangat cocok untuk rakitan dengan fokus stealthy atau rakitan dengan casing tertutup di mana pencahayaan tidak menjadi masalah. Dengan build quality yang tinggi, saya yakin AIO liquid cooler ini menjadi pilihan yang tepat untuk anda.

SPESIFIKASI

Support Socket: Intel LGA: 1150, 1151, 1155, 1156, 1200, 2011, 2011-3, 2066, kompatibel dengan AMD AM4
Skala: 240mm
Dimensi radiator penuh: 275 x 120 x 27mm
Kecepatan kipas: 550–2200RPM
Tingkat kebisingan: Hingga 33.5dB(A)

ALASAN UNTUK MEMBELI

+ Performa pendinginan menggigit pada tumit pendingin 360mm
+ Harga yang terjangkau

ALASAN UNTUK DIHINDARI

– Tidak ada RGB

2. Deepcool Gammaxx L240 V2

AIO cooler terbaik

Deepcool terkenal dengan AIO liquid cooler yang mumpuni dengan harga terjangkau, dan Gammaxx L240 V2 adalah salah satu pendingin 240mm yang lebih murah di pasaran. Itu menjadikannya pilihan yang bagus bagi pengguna yang ingin melangkah dari pendinginan udara ke dunia pendinginan AIO. Gammaxx 240mm menampilkan pencahayaan RGB dasar pada kepala pompa dan kipas. Ada versi ARGB yang lebih mahal jika Anda benar-benar menginginkannya. Deepcool suka berbicara tentang ‘Teknologi anti bocor’ yang berupaya menjaga keseimbangan tekanan optimal di dalam loopnya.

Saat idle, L240 secara efektif bersifat diam. L240 akan mulai melihat peningkatan suhu dan tingkat kebisingan dengan prosesor TDP tinggi, terutama saat overclocking. Saat CPU 5800X kami dengan PBO diaktifkan L240 akan mulai mengeluarkan kebisingan, menurut kamu itu sudah menjadi batas maximal untuk AIO liquid cooler berukuran 240mm. Jika Anda mencari AIO liquid cooler 240mm yang murah dan tidak berisik dengan CPU yang ringan, maka Deepcool Gammaxx L240 adalah pilihan yang tepat. Tentu, tingkat kebisingannya bisa menjadi tinggi jika kalian  mendorongnya dengan keras, tetapi dengan harganya, ini sangat direkomendasikan.

SPESIFIKASI

Support Socket: Intel LGA20XX, LGA1366, LGA1200, 115X, AMD AM4, AM3, AM2, FM2, FM1
Skala: 240mm
Dimensi radiator penuh: 282 x 120 x 27mm
Kecepatan kipas: 500–1800RPM
Tingkat kebisingan: Hingga 30dB (A)

ALASAN UNTUK MEMBELI

+Harga yang murah
+Kemampuan pendinginan yang baik
+Tidak berisik

ALASAN UNTUK DIHINDARI

Dapat menjadi berisik di bawah beban CPU yang signifikan

3. MSI MAG CoreLiquid P240

AIO cooler terbaik

Banyak AIO liquid cooler hadir dengan layar mewah atau kipas ARGB, tetapi fitur-fitur tersebut biasanya tidak meingkatkan kemampuan pendinginan unit yang sebenarnya. MSI MAG CoreLiquid P240 ini tidak akan memenangkan kontes kecantikan AIO lokal, tetapi akan mendinginkan CPU seperti dengan menggunakan AIO liquid coolerdengan harga yang mahal. P240 adalah model yang lebih baru yang berarti hadir dengan kompatibilitas LGA 1700 langsung dari kotak. Ini akan cocok dengan hampir semua soket dari 10 tahun terakhir, dengan pengecualian model Threadripper AMD.

P240 memiliki desain yang sedikit tidak biasa. Pompa tidak terletak di dalam unit kepala seperti yang Anda harapkan, tetapi di dalam radiator itu sendiri. MSI mengklaim bahwa ini dapat memperpanjang umur pompa dengan menjauhkannya dari perubahan suhu yang cepat yang dialami oleh blok CPU. Tingkat kebisingan P240 sangat baik, meskipun ketika ditekankan oleh beban semua inti yang menuntut dari sistem pengujian Ryzen 5800X kami yang mendukung PBO, kecepatan kipas dan tingkat kebisingan meningkat pada CPU seperti 12900K  terutama jika Anda melakukan overclock.

Terkadang, lebih sedikit lebih banyak. Jika unicorn menari di atas pelangi bukan pilihan Anda atau Anda sedang mencari pendingin AIO yang mumpuni dan senyap yang dapat Anda pasang dan lupakan, maka MSI CoreLiquid P240 adalah rekomendasi yang mudah.

SPESIFIKASI

Support Soket: LGA115x,1200,1700,1366,2011/2011-3, 2066, AMD AM4, AM3, AM2, FM2, FM1
Skala: 240mm
Dimensi radiator penuh: 276 x 120 x 27mm
Kecepatan kipas: 500 ~ 2000 RPM
Tingkat kebisingan: 14,3 hingga 34,3 dB(A)

ALASAN UNTUK MEMBELI

+ Pendinginan AIO berspesifikasi tinggi
+Tingkat kebisingan idle rendah
+Tanpa embel-embel RGB

ALASAN UNTUK DIHINDARI

-Bisa berisik di bawah beban berat

4. Asus TUF Gaming LC 240 ARGB

AIO cooler terbaik

Asus tidak akan menjadi nama pertama di bibir kebanyakan orang dalam hal keterjangkauan harga, tetapi TUF Gaming LC 240 menawarkan harga yang cukup murah dan, berkat dukungannya untuk RGB yang dapat atur sendiri, ini adalah cara yang baik untuk menambahkan warna dan pendinginan yang mampu bekerja di pada saat yang sama, dan semuanya didapatkan tanpa harus menghabiskan banyak uang tunai yang diperoleh dengan susah payah.

Dalam banyak hal mirip dengan banyak pendingin lainnya, tetapi Asus telah memilih untuk menyertakan kipas yang disetel untuk operasi kebisingan rendah, dengan peringkat kebisingan maksimum hanya 29dB(A). Bahkan ketika berjalan dengan kecepatan penuh, tetap sangat tenang, meskipun ini juga berarti bahwa itu tidak akan menghasilkan suhu rendah dari beberapa unit 240mm lainnya. Tetapi kecuali Anda memuat prosesor jumlah inti tinggi untuk waktu yang lama.

Jika Anda mencari AIO liquid cooler terjangkau dengan dukungan ARGB yang juga senyap dan terjangkau, maka LC 240 ARGB layak untuk dilihat. Instal dan Anda akan lupa bahwa Anda bahkan menjalankan pendingin cair. Salah satu karakteristik utama lainnya dari merek TUF adalah keandalan, dan LC 240 ARGB hadir dengan garansi enam tahun untuk sedikit ketenangan pikiran.

SPESIFIKASI

Support Soket: Intel LGA 1200, 1150, 1151, 1152, 1156, 1366, AMD AM4
Skala: 240mm
Dimensi radiator penuh: 272 x 121 x 27mm
Kecepatan kipas: 800–2000RPM
Tingkat kebisingan: Hingga 29.3dB(A)

ALASAN UNTUK MEMBELI

+Kinerja kebisingan rendah yang sangat baik di bawah beban
+Harga Terjangkau
+Penawaran garansi yang kuat

ALASAN UNTUK DIHINDARI

-Bisa berisik di bawah beban berat

Penutup

Pertanyaan pertama yang biasanya orang miliki adalah: Udara atau air? Pendinginan udara umumnya lebih murah dan sederhana. Pendingin udara kelas atas lebih baik dari sebelumnya tetapi sangat besar, dan AIO liquid cooler berkualitas baik umumnya mengungguli mereka. Pendinginan air lebih efisien, karena air adalah konduktor termal yang lebih baik, yang berarti lebih baik dalam mentransfer panas dari CPU Anda. Masih ada sedikit risiko kebocoran, tetapi ini menjadi sangat jarang.Tingkat kebisingan sangat bergantung pada kipas yang digunakan, tetapi selain outlier, seperti membandingkan AIO liquid cooler 120mm dengan menara kembar/kombo kipas, AIO berkualitas baik akan lebih senyap daripada pendingin udara saat disajikan dengan beban panas yang tinggi. Dalam hal kinerja pendinginan puncak yang sebenarnya tidak ada banyak di antara yang terbaik dari setiap kategori, tetapi AIO umumnya lebih cepat untuk mencapai suhu puncak ke idle daripada pendingin udara lurus.

Baca Juga: Ketahui Urutan Processor AMD Ryzen Agar Tidak Salah Pilih